Home / Persit / Persit KCK Cabang XV Kodim 0501 PD Jaya Laksanakan Pemeriksaan IVA

Persit KCK Cabang XV Kodim 0501 PD Jaya Laksanakan Pemeriksaan IVA

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XV Kodim 0501 PD Jaya Ny. Maya Zamroni beserta anggota Persit melaksanakan pemerikasaan kesehatan IVA kanker serviks, bertempat di Polkesdim 0501/Jakarta Pusat BS, Jl. Selaparang Blok B 11 Kav 1  Kel. Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).

Kegiatan pemeriksaan tersebut dipimpin langsung oleh drg. Meike Handajani, M.Kes. dari BPJS Jakarta Pusat dan dibantu oleh Tim Kesehatan dari Kesdam Jaya/Jayakarta.

Sebelum dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu drg. Meike Handajani, M.Kes. menjelaskan, pada pemeriksaan nanti dilakukan dengan cara melihat serviks yang telah diberi asam asetat 3-5% secara inspekulo. Setelah serviks diulas dengan asam asetat, akan terjadi perubahan warna pada serviks yang dapat diamati secara langsung dan dapat dibaca sebagai normal atau abnormal. Dibutuhkan waktu satu sampai dua menit untuk dapat melihat perubahan-perubahan pada jaringan epitel.

Serviks yang diberi larutan asam asetat 5% akan merespon lebih cepat daripada larutan 3%. Efek akan menghilang sekitar 50-60 detik sehingga dengan pemberian asam asetat akan didapat hasil gambaran serviks yang normal (merah homogen) dan bercak putih (displasia), imbuhnya.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XV Kodim 0501 PD Jaya Ny. Maya Zamroni menyampaikan, bahwa pemeriksaan IVA kanker Serviks ini adalah sebagai bentuk upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks pada ibu-ibu Persit Kodim 0501/Jakarta Pusat BS.

Tes IVA kanker Serviks yang merupakan upaya pemeriksaan awal bagi ibu-ibu Persit, yang khusus diprioritaskan bagi kaum perempuan agar dapat dilakukan penanganan cepat dan tepat bila diketahui adanya gejala penyakit tersebut pada bibir rahim, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mensukseskan program nasional dalam menekan jumlah penderita kanker serviks, jelasnya.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, nantinya dapat meningkatkan kesadaran ibu-ibu Persit tentang pentingnya upaya pencegahan kanker leher rahim sejak dini dan meningkatkan pola hidup bersih, serta sehat, baik di rumah maupun di lingkungan tempatnya bekerja, pungkasnya.

Selain di Polkesdim, Persit Kodim 0501/Jakarta Pusat BS juga melaksanakan pemeriksaan diberbagai tempat secara bersamaan, seperti di Makoramil 03/Senen, Puskesmas Sawah Besar , Puskesmas  Gambir, RPTRA Mardani Asri dan Puskesmas Johar Baru.

About Pendam Jaya

Check Also

Ibu Danrem 051/Wkt Kunjungi Pelaksanaan Iva Di Puskesmas 1 Wil Koramil 04/Babelan

Babelan, Selasa 25 April 2017 Pelaksanaan IVA di Koramil 04/Babelan di laksanakan di Puskesmas 1Babelan …

'
Slide background
Slide background