Home / Pembinaan Satuan / Anggota TNI Berlatih Dengan Senjata Alternatif

Anggota TNI Berlatih Dengan Senjata Alternatif

Kodam Jaya-Jakarta, Selain dituntut mahir menggunakan senjata api seperti pistol dan senapan, anggota TNI juga dituntut mahir menggunakan berbagai senjata termasuk senjata alternatif seperti pisau dan kampak.

Kemampuan Lempar Pisau dan Kampak (Lempika) inilah yang dilakukan secara rutin oleh anggota Yonarhanud 6/BAY sebagai bagian dari kegiatan Bimbingan Jasmani Militer (Binjasmil) di Markas Yonarhanud 6/BAY, Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (8/2/18).

Latihan Lempika yang langsung diawasi Pasiops Yonarhanud 7/BAY Lettu Arh Dani Setyoko itu mempermahir lemparan jarak 5, 8 dan 10 meter. Dibantu Bintara Pelatih, Dani Setyoko dengan trengginas (terampil) memberikan teori sekaligus memberi contoh latihan Lempika yang benar. Di juga tidak segan menegur bila ada kesalahan dalam latihan.

“Pisau dan kampak ini merupakan senjata alternatif yang ampuh selain pistol dan senapan, terutama saat menghadapi langsung jarak dekat lawan atau musuh. Dengan latihan rutin, prajurit akan mahir menggunakan pisau dan kampak lebih-lebih pada situasi kritis di lapangan,“kata Lettu Arh Dani Setyoko.

Menurut Dani, dalam perkelahian, pertempuran ataupun gerilya, tehnik melempar pisau yang tepat dan akurat sangat dibutuhkan. Ujung pisau, ketebalan, bentuk gagang, berat pisau, sudut lemparan semuanya menentukan keakuratan dalam membidik sasaran.

“Apalagi, pada saat menyergap dan melumpuhkan musuh secara diam-diam. Melempar pisau tepat dan akurat tidaklah mudah, tidak semua pisau bisa dilempar dan menusuk dengan tepat,” pungkasnya.

About master

sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696