Home / Pembinaan Teritorial / Demi Kesehatan Masyarakat, Babinsa Utan Kayu Sukseskan Pemberian Vaksin Difteri

Demi Kesehatan Masyarakat, Babinsa Utan Kayu Sukseskan Pemberian Vaksin Difteri

Kodam Jaya – Jakarta Timur.  Difteri merupakan penyakit yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, kelumpuhan, gagal jantung hingga berujung kematian. Penyebarannya adalah melalui udara ketika penderita difteri batuk atau bersin. Vaksinasi difteri pada anak maupun orang dewasa berfungsi memicu timbulnya kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab penyakit tersebut.

Kementerian Kesehatan RI menganjurkan vaksinasi difteri sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan meluasnya KLB (Kejadian Luar Biasa) difteri di Indonesia. Program vaksinasi dari pemerintah Indonesia melalui ORI (Outbreak Response Immunization), memberikan imunisasi Difteri terutama bagi penduduk Indonesia berusia 1-19 tahun yang tinggal di sekitar penderita difteri.

Untuk menyukseskan program pemerintah tersebut Babinsa Utan kayu Utara Serda Mulyanto melibatkan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan Vaksin Difteri di di SMK Tirtasari Surya Jln. Nanas1 Rt 15/10 Kelurahan Utan kayu Utata Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Senin 12/2.

“Kami bekerjasama dengan petugas Puskesmas Kecamatan sebelumnya telah memberikan pengetahuan kepada siswa pentingnya Vaksin Difteri bagi mereka. Kegiatan suntik Vaksin Difteri yang diberikan kepada anak-anak SMK bertujuan untuk memberikan kekebalan pada tubuh siswa dan siswi agar tidak mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri penyebab Difteri,” jelas Mulyanto.

Kegiatan pemberian suntik vaksin difteri di laksanakan secara bertahap per kelas dari  kelas 16 sampai dengan kelas 18. Sekitar 420 siswa dapat dilayani oleh petugas Puskesmas yaitu Dr.Bertari, Ibu Hidayati, Bapak A Hidayat, Ibu Diyan Prapitasari ( Bidan), Ibu Tri Isnani dan Ibu Roma Uli ( Bidan).

“Target 420 siswa dapat terlayani dengan baik, kami sebagai guru mengucapkan terima kasih terhadap petugas Puskesmas dan Babinsa atas kelancaran suntik Vaksin Difteri kepada anak didik kami,” jelas salah satu guru pembimbing SMK Tirtasari.

About admin

sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696