Home / Pembinaan Teritorial / Babinsa Koramil 03 Pasar Minggu Aktif Suskseskan Operasi Biduk

Babinsa Koramil 03 Pasar Minggu Aktif Suskseskan Operasi Biduk

Kodam Jaya-Jakarta. Babinsa Koramil 03/Pasar Minggu Peltu Sunarno dan Serka Pardi aktif menyukseskan program Pembinaan Kependudukan (Biduk) yang digelar aparat Kecamatan di wilayah RW.08 Kelurahan Pejaten Barat Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan, Selasa (13/2/18).

Menurut Sunaryo dan Pardi, kehadiran mereka dalam operasi Biduk ini sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan terkini di wilayah binaan termasuk data lengkap kependudukan di Pasar Minggu. Hal itu merupakan bagian dari upaya deteksi dini maupun cegah dini yang bertujuan untuk mendapatkan data yang up-date mengenai kependudukan, sehingga permasalahan yang akan muncul dapat cepat termonitor dan dapat diminimalisir dampaknya.

Secara Terpisah Danramil 03/Pasar Minggu Mayor Chb Purwanto mengatakan “Sebagai aparat kewilayahan di tingkat Koramil, didirnya selalu menekankan agar para Babinsa selalu berkoordinasi dengan Lurah, Binmas sebagai unsur Tiga Pilar di tingkat Kelurahan, termasuk aktif menyukseskan operasi Biduk yang digelar di RW. 08 Kelurahan Pejaten Barat Kecamatan Pasar Minggu ini.”

Dalam operasi Biduk yang digelar ini melibatkan staf kelurahan dan anggota Satpol PP sebanyak 5 orang yang langsung dipimpin Kasi Pemerintahan Ibu Rohayati, juga dari anggota kependudukan kantor Walikota Jakarta Selatan, Ketua RT 05, 10 dan 13, anggota kepolisian dan Babinsa. Sasarannya adalah kos-kosan dan kontrakan yang berada di wilayah RW. 08.

Operasi Biduk diawali dengan pemeriksaan warga yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta. Sebanyak 15 warga dari 30 warga yang diperiksa ditemukan masih menggunakan KTP daerah asal dan kepada mereka diberikan lembaran SKDS (Surat Keterangan Domisili Sementara) yang wajib diisi dan diserahkan ke Ketua RT masing-masing. Setelah itu, warga yang sudah memiliki lembaran SKDS akan dipermudah pembuatan surat-surat seperti surat BPJS di kelurahan. Masa berlaku lembaran SKDS ini selama 1 tahun dan bila sudah habis masa berlaku bisa diperpanjang kembali.

About master

sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696