Home / Pembinaan Teritorial / Babinsa Pantau Harga Sembako Untuk Mencegah Adanya Oknum Yang Sengaja Menaikkan Harga

Babinsa Pantau Harga Sembako Untuk Mencegah Adanya Oknum Yang Sengaja Menaikkan Harga

Kodam Jaya – Di tengah kesibukannya sebagai Bintara Pembina Desa, Babinsa Koramil 03/Pasar Minggu, Pelda Sukarjo dan Sertu Zamrin menyempatkan diri untuk melaksanakan pemantauan harga Sembako di PD Djaya Pasar Minggu satu-satunya pasar tradisional di wilayah Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Pelaksanaan monitoring pasar  tradisional cek harga sembilan bahan pokok tersebut di lakukan secara bergantian dengan memonitor harga-harga Sembako.

Di sela-sela obrolannya, Pelda Sukarjo dan Sertu Zamrin dengan pedagang dan pembeli mengungkapkan tidak ada terjadi lonjakan harga terhadap sejumlah bahan pokok, dan harga relatif stabil.

Harga sembako hasil dari pantauan Babinsa di Pasar PD Djaya Pasar Minggu sekarang ini, harga BERAS Premium : Rp 12. 000/ltr, Medium : Rp 8000 /ltr, Pandan : Rp 15. 000/ltr, Merah besar Rp 45. 000/kg, Rawit hijau : Rp 35. 000/kg, Rawit merah : Rp 50000/kg, Cabe kriting : Rp 40.000/kg dan BAWANG putih :Rp 40.000/kg, Bawang merah Rp 20.000/kg. Untuk beras, cabe dan bawang putih rata-rata harga stabil dan bawang merah mengalami penurunan Rp 5000/kg.

Danramil Pasar Minggu Mayor Chb Purwanto,S.Psi  selalu memberikan arahan kepada Babinsa Kelurahan Pasar Minggu untuk senantiasa berkoordinasi dengan Manager PD Djaya Pasar Minggu, para distributor penyedia kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional, juga senantiasa menjaga komunikasi.

“Setiap  monitoring  melalui wawancara baik kepada para pedagang Sembako maupun kepada para pembeli  berbelanja dengan baik dalam memenuhi kebutuhan pokok kehidupannya. “ kata Danramil.

Ia menambahkan,  kehadiran dan keberadaan Babinsa di wilayah khususnya di lingkungan pasar tradisional Pasar Minggu  ini dirasakan manfaatnya dalam rangka ikut menjaga stabilitas ketersediaan pangan, logistik wilayah berupa sembilan bahan pokok bagi kebutuhan masyarakat dan  selalu menjaga situasi kondisi wilayah di pasar tradisional sekitarnya dalam keadaan aman terkendali.

“ Pemantauan harga Sembako ini rutin dilakukan untuk diinformasikan ke Komando Atas, diantaranya melalui kegiatan monitoring harga sembako di Pasar – pasar tradisional.Guna mencegah maupun mengantisipasi adanya oknum-oknum yang sengaja menaikkan harga penjualan sembako di pasaran.” Tegas Danramil

 

About admin

sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696