Home / Pembinaan Teritorial / Babinsa Ini Sabar Dampingi Warga Jalani Screening Operasi Katarak

Babinsa Ini Sabar Dampingi Warga Jalani Screening Operasi Katarak

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Kepedulian dua Babinsa ini patut diacungi jempol, Serma Sarim dan Serma Muhtar Babinsa Koramil 06/Cempaka Putih Kodim 0501/Jakarta Pusat ini dengan sabar mendampingi 10 warga binaannya untuk menjalani tahapan operasi katarak. Sebagai tahap awal, kedua Babinsa ini membawa warganya ke Polkes Kodim 0501/Jakarta Pusat Jl. Selaparang Kav. 11 Blok B 1 Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/2/18) untuk menajalani screening (penyaringan) awal.

Serma Sarim mengatakan bahwa saat screening, para Babinsa perlu untuk mendampingi warga binaannya sehingga dapat diketahui berapa warga yang memenuhi persyaratan untuk menjalani operasi katarak pada kegiatan Baksos HUT ke-72 Persit KCK yang akan dipusatkan di Makopassus Cijantung Jakarta 1 Maret mendatang.

Menurut dokter Esty Widijastuti yang juga Kapolkes Kodim 0501/Jakarta Pusat kegiatan screening awal bertujuan untuk menentukan kesehatan calon pasien dan apakah pasien tersebut memang membutuhkan operasi katarak atau pengobatan yang lainnya.

“Pasien terkadang ada yang tidak paham tentang keluhannya, mereka mengira harus melakukan operasi katarak, namun setelah dilakukan screening terindikasi ada penyakit lain yang butuh penanganan berbeda. Untuk itu screening awal sangat penting untuk menentukan pasien layak operasi atau tidak,” jelas Esty.

Kedua Babinsa tampak sabar mendampingi satu persatu warga saat menjalani pemeriksaan oleh tim kesehatan. Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa seorang pasien. Setelah pemeriksaan selesai, dari 10 warga didapat seorang warga yang tidak memenuhi persyaratan untuk menjalani operasi katarak dan kepadanya dirujuk untuk melakukan pengobatan lain dengan BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan). Wargapun bersyukur dengan langkah TNI ini dan mengucapakan terima kasih kepada Babinsa yang telah membantu mendampingi tahap pengobatan penyakit katarak yang mereka derita.

About master

ucapan-lebaran
ihy
SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696