Home / Pembinaan Teritorial / Anggota Kodim Jakarta Barat Terima Penyuluhan Antisipasi Katarak

Anggota Kodim Jakarta Barat Terima Penyuluhan Antisipasi Katarak

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Anggota Kodim 0503/Jakarta Barat menerima penyuluhan  penyakit katarak dari tim dokter RS. Patria IKKT Slipi di Aula Makodim Jakarta Barat, Jumat (9/3/18).

Dokter Deppy Dwiyanti secara komunikatif menjelaskan seputar penyakit katarak, penyebab, dampak dan cara penyembuhannya terutama bagi yang disertai penyakit diabetes dan hipertensi. Dalam menjelaskan penyakit katarak dr. Deppy Didampingi oleh dr. Dwiyanti, 1 orang staf dan 1 orang perawat.

Menurut dr Deppy, katarak adalah keruhnya bagian lensa mata yang biasanya bening, ketajaman penglihatan berkurang, sensitivitas kontras juga hilang, sehingga kontur, warna bayangan dan visi kurang jelas, karena cahaya tersebar oleh katarak ke mata. 

Keingintahuan dan antusiasme anggota tampak terlihat melalui berbagai pertanyaan, diantaranya apakah boleh kita merujuk ke semua rumah sakit untuk melaksanakan medical check up?” tanya drg. Megha.

Menurut Deppy, setiap anggota boleh dirujuk ke semua rumah sakit sesuai keinginan. “Anggota bisa dirujuk ke rumah sakit mana pun, kami akan bantu dengan surat rujukan ke rumah sakit yang dikehendaki pasien,” jawab Deppy.

Salah satu Babinsa bertanya dan menyampaikan keluhan. “Kami sering dinas di lapangan mulai pagi hingga malam, apa saja yang bisa  mempengaruhi munculnya penyakit katarak,” tanya Serda Emit Babinsa Koramil 04/Cengkareng.

“Asap knalpot kendaraan, asap rokok dan pola makan bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit katarak,” jawab Deppy.

Usai dicecar berbagai pertanyaan, dr Deppy dan rim melanjutkan semacam tes atau skrining mata. Skrining mata mampu mendeteksi dini kondisi mata yang berpotensi low vision (kabur). Banyak orang yang tidak mengetahui pada tahap awal dan terlambat mencari pertolongan saat penglihatan mulai diserang.

“Dengan demikian, hendaknya seluruh anjuran dan langkah sedini mugkin dilakukan, termasuk pengecekan secara rutin. Lebih baik mencegah daripada mengobati”, himbau dr Deppy.

About admin

SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696