Home / Pembinaan Teritorial / Latar Belakang Warga Beragam, Babinsa Wajib Kuasai Komsos

Latar Belakang Warga Beragam, Babinsa Wajib Kuasai Komsos

Kodam Jaya – Kepulauan Seribu. Upaya pendataan geografi, demografi dan kondisi sosial atau istilah militernya geodemokonsos sangat efektif dilakukan melalui Komunikasi Sosial (Komsos). Melalui Komsos, Babinsa dapat bertukar informasi dengan segenap lapisan masyarakat dan aparat pemerintah guna mensinergikan setiap kegiatan di wilayah binaan, seperti yang dilakukan Babinsa Sungai Bambu Koramil 04/KS Kodim 0502/Jakarta Serma Suhiro di SMAN 69 Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, Rabu (7/3/18).

Dari beberapa rekan guru di SMAN 69,  Suhiro mendapatkan berbagai informasi mengenai siswa mulai dari yang berprestasi hingga yang sering melakukan kenakalan remaja, dilengkapi data tentang anak yang taat dan rajin bahkan yang suka merokok, bolos dan vandalisme (corat coret tembok),” ujar Suhiro.

Dari informasi itu, menurut Suhiro akan dijadikan data awal kondisi sosial budaya bidang pendidikan sebagai bahan analisa penentuan kebijakan untuk pembinaan generasi muda dalam upaya memantapkan kemanunggalan TNI dan Rakyat di Kepulauan Seribu.

Menjadi unsur terdepan dalam mendukung tugas pembinaan teritorial (Binter), Suhiro menyadari sepenuhnya bahwa tugas yang diembannya sangat mulia, sehingga dirinya selalu berupaya untuk dapat mengerti seluk beluk dan kondisi wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

“Semua kami lakukan untuk mendukung tugas Komando Atas, meski keseharian berada di tengah-tengah keberagaman latar belakang warga, maka dituntut untuk mampu melakukan Komsos,” terang Suhiro.

Secara terpisah, Danramil 04/KS Mayor Inf Muaz Zulkifli mengaku telah memerintahkan seluruh Babinsa yang ada di wilayahnya agar setiap hari wajib melakukan Komsos dengan tidak memandang level, kedudukan dan pekerjaan. “Semua Babinsa wajib tahu wilayahnya. Untuk dapat lebih memahami, maka setiap hari harus melakukan Komsos dengan orang dan tempat yang berbeda, dengan kata lain, tiap hari harus dapat kenalan satu orang,” tandas Muaz

About admin

SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696