Home / Pembinaan Teritorial / Kopassus Dan Babinsa Ciracas Gembleng Kader Karang Taruna Lewat LDK

Kopassus Dan Babinsa Ciracas Gembleng Kader Karang Taruna Lewat LDK

Kodam Jaya – Bogor. Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan penyuluhan bahaya narkoba bagi pengurus karang taruna se Kelurahan Ciracas di Jl. Cangkrang RT 005/RW 03, Desa Carang Pulau, Kelurahan Cikarawang, Dramaga, Bogor, Jumat hingga Minggu (9-11/3/18).

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Karang Taruna Kelurahan Ciracas yang diikuti seluruh anggota, dimana setiap RW memiliki perwakilan 6 orang. Hadir juga perwakilan LMK masing-masing RW, Ketua RW dan personel kesehatan dari Puskesmas Ciracas,” jelas Ketua LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) Ciracas Wawang Sukarwan.

Wawang Sukarwan juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sangat penting mengingat bahwa anggota karang taruna sebagai kader pembangunan sekaligus calon pemimpin di masa mendatang, perlu mendapatkan bekal kemampuan yang mumpuni. Mulai dari kemampuan dasar hidup di alam terbuka hingga bekal kepemimpinan. Oleh karenannya, menurut Wawan Sukarwan untuk menggembleng kader karang taruna itu perlu mendatangkan pelatih dari anggota TNI.

Kami mendatangkan pelatih dari Batalyon 33 Grup 3 Kopassus yang dipimpin Kapten Inf Maman dan Babinsa Kelurahan Ciracas Koramil 03/Pasar Rebo Kodim 0505/Jakarta Timur Pelda Sikimin,” sambung Wawang Sukarwan.

Usai resmi dibuka Lurah Ciracas, seluruh peserta melakukan medical check up dilanjutkan dengan berbagai materi pelatihan termasuk di dalamnya latihan montenering, merayap di tali, turun tebing dan meluncur.

Sikimin dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang). Sikimin mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal positif bagi anggota karang taruna yang dididik dan digembleng untuk menjadi contoh dan garda terdepan dalam berbuat positif, menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan di wilayah Kelurahan Ciracas.

“Kalian di sini, diubah dan dibentuk agar memiliki kepribadian dan perilaku sehari-hari yang baik, karena kalian penerus bangsa yang harus dapat diandalkan. Hindari berbagai hal yang bisa memicu tawuran, seperti nongkrong hingga larut malam, minum minuman keras dan narkoba,” pesan Sikimin.

Sikimin juga meminta anggota karang taruna untuk selalu mewaspadai provokasi, hoax yang memecah belah bangsa, dapat memberikan contoh dalam menjaga persatuan dan kesatuan, kerukunan antar umat beragama dan suku dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila dan NKRI.

About master

SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696