Home / Pembinaan Teritorial / Anggota TNI dan PNS Kodim Jakarta Selatan Ikuti Sosilisasi E-Filing SPT

Anggota TNI dan PNS Kodim Jakarta Selatan Ikuti Sosilisasi E-Filing SPT

Kodam Jaya – Jakarta Selatan. Anggota Militer dan PNS Kodim 0504/Jakarta Selatan mengikuti sosialisasi e-Filing SPT dari petugas pajak Kantor Pelayan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru II. Sosialisasi dibuka oleh Dandim 0504/Jakarta Selatan Letkol Arh Aji Prasetyo Nugroho, S. Sos, M.M, di Aula Kodim, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/18).

e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP). Sedangkan SPT adalah laporan pajak yang dilaporkan kepada pemerintah Indonesia yang diatur dalam UU RI Nomor 36 tahun 2008.

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai cara pelaporan SPT secara online sekaligus pendataan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) bagi anggota TNI dan PNS Kodim 0504/Jakarta Selatan.

“Harta benda atau kekayaan yang kita miliki atau penghasilan kerja itu harus dilaporkan dan didata di kantor pajak sebagaimana ketentuan pajak yang berlaku, sebab tanpa pajak pembangunan di negara ini tidak akan dapat berjalan dengan baik,” papar Dandim 0504/Jakarta Selatan Letkol Arh Aji Prasetyo Nugroho S. Sos, M.M, dalam sambutannya.

Dandim juga menghimbau agar anggotanya dapat memanfaatkan telepon seluler untuk melakukan pendataan cepat secara online. “Anggota dapat melakukan pendataan secara online di aula ini, bisa dilakukan secara cepat dan tidak terlalu lama, karena dengan telepon seluler, data kita bisa dibuka,” sambung Aji Prasetyo Nugroho.

Diakhir sambutannya, Dandim mengatakan bahwa dengan membayar pajak berarti wujud cinta tanah air. “Kepatuhan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan adalah wujud cinta tanah air bagi setiap prajurit TNI, PNS dan juga seluruh warga negara yang sudah menjadi wajib pajak,” tegasnya.

Sementara Petugas Penyuluh Pajak Bapak Eben K. Simanjuntak yang juga Kasi Eksistensi dan Penyuluhan mengatakan bahwa untuk pelaporan pajak anggota TNI-Polri maupun PNS harus dilakukan online sesuai arahan Menpan RI.

Eben juga mengingatkan pemberitahuan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mengenai PNS, TNI dan Polri untuk segera menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) orang Pribadi. Pelaporan SPT pajak wajib menggunakan e-filing. “Seluruh PNS, anggota Polri dan TNI wajib menyampaikan SPT secara online melalui e-filing,” kata Eben.

About master

SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696