Home / Pembinaan Teritorial / Babinsa Penjaringan Latihkan Penanggulangan Kebakaran

Babinsa Penjaringan Latihkan Penanggulangan Kebakaran

Kodam Jaya – Babinsa Penjaringan Komando Distrik Militer 0502/JU, Sertu Sunarto, melatih cara penanganan kebakaran (simulasi) kepada staf keamanan (security) apartemen Northland di Jl. Budi Mulya RW 011 Kel. Pademangan Barat Kec. Pademangan Jakarta Utara, Rabu (14/3/18).

Kebakaran adalah insiden yang bisa terjadi dimana dan kapan saja. Penyebabnya banyak ; kelalaian, korsleting listrik, puntung rokok, cuaca maupun hal lainnya, sehingga membutuhkan pengetahuan cara penanggulangannya dan bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan apabila terjadi kebakaran. Memahami langkah-langkah awal berikut cara penggunaan tabung pemadam juga merupakan langkah-langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran.

Tepatnya di depan pos satpam lokasi rumah pangsa tersebut, Sunarto menghimbau agar staf keamanan harus paham tentang APK dan mengerti menggunakannya. “Alat Pemadam Kebakaran ini sebaiknya diperiksa rutin, apakah masih dalam kondisi baik dan siap difungsikan kapan saja” katanya.

Lebih lanjut, Sunarto memberitahukan langkah-langkah penanggulangan, dimulai dari upaya memadamkan api dengan APK atau jika terdadak/ memungkinkan, dengan menggunakan media yang ada di lokasi (air, karung basah dan handuk basah). “Jika api tidak padam, segera hubungi pihak Damkar. Langkah berikut, bunyikan alarm, kemudian kosongkan gedung melalui pintu darurat dan amankan lokasi. Utamakan keselamatan jiwa daripada harta benda,” lanjutnya menerangkan.

“Tugas dan tanggung jawab anda sangat mulia, tapi butuh keberanian, jadi jangan ragu-ragu atau panik”, tegasnya disaksikan seluruh anggota security dan managemen Apartemen Northland.

About master

SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696