Home / Pembinaan Teritorial / Koramil Pondok Aren Bangun MCK Untuk Janda Prasejahtera

Koramil Pondok Aren Bangun MCK Untuk Janda Prasejahtera

Kodam Jaya – Tangerang Selatan. Dari rasa prihatin terhadap warga binaanya, Babinsa Pelda Saono dan Serda Sumartono dibantu jajaran Bakorkomkomwil dan Mitra Babinsa secara swadaya membangun jamban sehat untuk Ibu Saedah, salah satu warga RT 003/004 Kelurahan Parigi Baru, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Pengerjaannya dimulai dengan penggalian lubang septic tank, pemasangan kloset, pengerasan lantai dan pembuatan bak mandi, Selasa (8/5/18).

“Kami merasa prihatin karena masih ada warga di wilayah binaan yang tidak memiliki tempat mandi dan toilet, sehingga bertahun-tahun mandi dan BAB di luar rumah secara sembarangan,” kata Pelda Saono.

Ia mengatakan bahwa Ibu Saedah (68) merupakan warga prasejahtera yang sudah lama menjanda dengan berjualan sayur-mayur keliling kampung sebagai andalan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Ini adalah wujud bakti TNI untuk menyehatkan warga di wilayah binaan, saling membantu dan bekerja sama bila ada warga yang kekurangan,” ucap Pelda Saono di rumah Ibu Saedah.

Sementara, Ibu Saedah dengan rasa haru menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian TNI kepada dirinya. “Adanya jamban ini, Alhamdulillah saya bisa mandi tidak di luar rumah lagi, terima kasih bapak TNI, semoga Allah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada bapak TNI semua,” lirih Ibu Saedah.

Secara terpisah, Danramil 07/Pondok Aren Kodim 0506/Tangerang Kapten Inf Agus Fahrudin mengatakan bahwa jajarannya akan terus menjalankan program sanitasi total berbasis masyarakat (Hygiene Sanitation) sebagai bentuk kepedulian terhadap warga prasejahtera.

“Walau belum lama menjabat Danramil di Pondok Aren, saya akan melanjutkan apa yang telah dilakukan Danramil terdahulu. Ini merupakan karya bakti sosial TNI peduli untuk membantu warga prasejahtera, salah satunya membangun jamban sehat,”jelas Danramil.

“Setelah mendapat laporan dari Babinsa, ada warga prasejahtera yang belum memiliki jamban sehat. Bahkan selama ini untuk mandi dan BAB dilakukan sembarang tempat. Segera saya instruksikan untuk membangun jamban itu, “kata Danramil.

Ia berharap, adanya jamban ini akan membantu menciptakan keluarga yang sehat dan mencegah berkembangnya berbagai penyakit saluran pencernaan akibat kotoran manusia yang tidak dikelola dengan baik.

About master

ucapan-lebaran
ihy
SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696