Home / Pembinaan Teritorial / Babinsa Kodim Jakarta Barat Himbau Warga Tingkatkan Kamtibmas Pasca Libur Lebaran

Babinsa Kodim Jakarta Barat Himbau Warga Tingkatkan Kamtibmas Pasca Libur Lebaran

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Kembalinya warga dari libur panjang menjadi perhatian Babinsa Kel. Pegadungan Kodim 0503/Jakarta Barat. untuk mencegah timbulnya gangguan kamtibmas. Potensi munculnya gangguan kamtibmas diperkirakan dapat muncul karena adanya pendatang-pendatang baru yang datang ke ibukota.

Untuk itu, kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayah binaannya, Babinsa Serma Budiyo mengajak untuk meningkatkan kepedulian terhadap perkembangan lingkungan.  “Kita harus peka dan peduli betul dengan setiap kejadian yang ada di lingkungan kita, cek apa yang berbeda dan berubah pada warga bapak, antisipasi bagi yang membawa keluarga dari kampung tanpa identitas,” kata Serma Budiyo saat melakukan komunikasi sosial (Komsos) di Saung Jalan Taman Surya 5 RT.004 RW.003 Kel. Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (25/6/18).

Himbauan yang diwujudkan dalam bentuk Komsos tersebut, Serma Budiyo menghimbau Ketua RW.03 Bapak Lukman Jaya dan tokoh agama Bapak Subur untuk meningkatkan upaya menjaga Kamtibmas di lingkungan pasca libur lebaran.

Menurut Babinsa, pendataan terhadap warga yang baru datang perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan mereka benar-benar tinggal di RT setempat. “Data kembali warga yang kembali membawa keluarganya dari kampung maupun warga baru agar kita tidak kecolongan,” harap Babinsa.

Babinsa menambahkan, perannya sebagai Babinsa melalui Komsos menjadi suatu cara efektif untuk bersilaturahmi dengan berbagi komponen masyarakat. Ini  menjadi bagian dari tugas pokok Babinsa untuk mendeteksi secara dini maupun upaya pencegan dini setiap perkembangan terutama hal negatif yang mengancam kamtibmas di masyarakat binaannya.

Di kesempatan itu, Bapak Lukman Jaya menyambut baik himbauan Babinsa mengenai pendataan warga yang pulang mudik. “Saya mengucapkan banyak banyak terima kasih sudah diingatkan,” katanya.

Sementara Bapak Subur menambahkan akan mengajak jemaahnya untuk meningkatkan silaturahmi dan memperkuat toleransi antar umat beragama di lingkungannya.

About master

ucapan-lebaran
ihy
SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696