Home / Pembinaan Teritorial / Amankan Asian Games 2018, Kodam Jaya Akan Gunakan Alat Komunikasi Canggih

Amankan Asian Games 2018, Kodam Jaya Akan Gunakan Alat Komunikasi Canggih

Kodam Jaya – Cimanggis. Totalitas Kodam Jaya untuk menyukseskan Asian Games 2018 tidak diragukan lagi. Personel dan materiil pun telah disiapkan secara rinci dan terkoordinasi. Berbagai persiapan telah direncanakan dengan matang, salah satunya adalah penggunaan peralatan komunikasi modern dan canggih bagi seluruh Babinsa saat pengamanan rute.

Alat tersebut berupa HT personal dilengkapi kamera yang langsung terhubung dengan satelit, sehingga dapat menampilkan obyek secara real time.

Babinsa Koramil 06/Cimanggis, Pelda Rasiman melakukan uji coba alat tersebut untuk pertama kalinya saat mengamankan rute VVIP Presiden RI Joko Widodo dari Istana Bogor menuju Jakarta di salah satu jembatan di atas jalan Tol Jagorawi, Selasa (3/7/18) pagi.

Dikatakan olehnya, saat menggunakan alat yang dilengkapi kamera tersebut, dirinya dapat berkomunikasi dengan rekan sekaligus pimpinan sesuai situasi sebenarnya. “Memang canggih alatnya, kita bisa melaporkan langsung kepada pimpinan dan rekan di rute melalui visual gambar sesuai situasi sebenarnya,” jelas Rasiman.

Dari segi keamanan, Pelda Rasiman menjelaskan bahwa alat komunikasi tersebut cukup terjamin kerahasiannya saat melaksanakan komunikasi, dengan kata lain anti sadap, karena telah diprogram dengan menggunakan frekuensi, bahasa kode dan sandi rahasia jaring komunikasi yang telah ditentukan.

Secara terpisah, Danramil 06/Cimanggis Mayor Inf Hari Sistiyono menerangkan bahwa selain dilengkapi kamera, radio HT tersebut juga mampu menjangkauan hingga seluruh wilayah Jabodetabek. “Selain ada kameranya, jangkauan HT ini sangat luas hingga wilayah Jabodetabek. Babinsa yang terlibat pengamanan rute Asian Games 2018 telah dilengkapi alat komunikasi ini, sehingga dapat berkomunikasi dengan personel dari luar Depok,” terang Danramil.

Mengingat kegunaan alat tersebut sangat mendukung kesuksesan Asian Games terutama dalam pengamanan rute, Danramil Cimanggis berulang kali menekankan seluruh anggotanya untuk mengahafal kode-kode sandi jaring komunikasi yang digunakan dan memahami cara menggunakan alat komunikasi modern tersebut. “Kita tekankan anggota untuk mengahafal kode sandi jaring komunikasinya dan harus benar-benar paham serta mahir cara menggunakannya,” pungkas Danramil.

About master

ucapan-lebaran
ihy
SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696