Home / Pembinaan Teritorial / Tingkatkan Kualitas Pendaftar TNI-Polri, Kodim Depok Gelar Pelatihan Jasmani Gratis

Tingkatkan Kualitas Pendaftar TNI-Polri, Kodim Depok Gelar Pelatihan Jasmani Gratis

Kodam Jaya – Depok. Kodim 0508/Depok terus berupaya meningkatkan kualitas bakal calon anggota TNI-Polri dari wilayah Depok. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan pelatihan jasmani secara gratis seminggu tiga kali di Makodim.

Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto telah memerintahkan segenap personelnya yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk melatih calon pendaftar yang dianggap sebagai anak asuh, agar dapat lebih fokus dan memperbesar prosentase kelulusan saat seleksi.

“Setiap anggota harus bisa dan mampu mendidik serta mempersiapkan para calon anggota TNI-Polri tersebut agar berhasil mengikuti seleksi. Dengan pelatihan ini saya berharap kualitas anggota TNI-Polri kedepan akan lebih baik lagi,” kata Dandim di kantornya, Rabu (4/7/18).

Namun Ia tidak menjamin 100% kelulusan dalam seleksi nanti. “Selain gratis, pelatihan jasmani yang dilakukan, tidak dapat menentukan kelulusan. Diterima atau tidaknya mereka, itu tergantung pada kemampuan si calon anggota untuk bisa lulus dari keseluruhan tes,” lanjut Dandim.

Sedikitnya ada 73 anak yang rutin mengikuti pelatihan jasmani sejak beberapa bulan yang lalu. Sebagian besar diantara mereka akan mengikuti pendaftaran Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI AD pada pertengahan Juli mendatang.

Menurut Ketua Pembimbing Jasmani (Binjas) Kodim 0508/Depok Pelda Nasrudin, latihan dilakukan setiap Senin, Rabu dan Jumat. Sedangkan Kamis dilakukan latihan renang di Devisi 1 Kostrad, Cilodong. “Bentuk pelatihan meliputi ketahanan fisik yaitu lari, push up, sit up dan shuttle run serta penguatan fisik lainnya,” kata Nasrudin.

”Banyak juga anak asuh binaan Kodim yang diterima di Catam dan Bintara Angkatan Darat. Bahkan, ada anak asuh saya yang telah diterima di Angkatan Laut. Hari ini ia hadir membantu melatih dan memberikan motivasi kepada juniornya,” sambung Nasrudin.

Diakuinya, anak asuh yang dibinanya ini tidak hanya mengikuti pendaftaran calon Prajurit TNI saja, tetapi ada juga yang mendaftar menjadi calon Polisi. “Yang mengikuti pembinaan disini tidak hanya yang ingin mendaftar TNI saja. Bahkan, ada juga yang berminat mendaftar menjadi Polisi,” ujarnya.

Raden Linka Lidenia (19), salah satu mantan anak asuh Nasrudin menyatakan apresiasinya terhadap tim pembinaan jasmani Kodim Depok. Menurutnya, pembinaan fisik yang didapatkan di Kodim Depok sangat berharga dan tidak akan dilupakannya. “Hasil pembinaan dari Kodim Depok menjadikan saya seorang Bintara di TNI Angkatan Laut,” kata Linka.

Bintara yang berdomisili di Kota hujan ini, berpesan kepada para juniornya, agar jangan pernah bosan untuk terus berlatih dan berdoa apabila ingin impiannya terwujud.

About admin

ucapan-lebaran
ihy
SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696