Home / Pembinaan Satuan / Kodam Jaya Pegang Teguh Objektifitas dan Transparansi Seleksi Catar Akmil 2018

Kodam Jaya Pegang Teguh Objektifitas dan Transparansi Seleksi Catar Akmil 2018

Kodam Jaya – Cililitan. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto meminta panitia seleksi Calon Taruna (Catar) Akmil untuk cermat dan teliti serta menjauhkan diri dari segala bentuk intervensi, sehingga membuka celah penyimpangan yang merugikan institusi dan peserta. “Pegang teguh komitmen untuk terus meningkatkan kualitas sistem seleksi agar dapat berjalan lebih tertib, adil, obyektif, jujur dan transparan,” kata Pangdam Jaya saat membuka sidang pemilihan tingkat daerah Catar Akmil sumber umum/reguler di Aula A. Yani, Makodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (6/7/18).

Pangdam juga meminta panitia untuk memberikan penjelasan secara lisan dan tertulis disertai dasar alasan bagi peserta yang tidak lulus. “Beri penjelasan dan dasar alasan bagi calon yang tidak lulus, sehingga dapat diterima dengan penuh kesadaran dan tidak menimbulkan efek negatif dikemudian hari,” jelas Pangdam Jaya.

Sebanyak 159 orang Catar mengikuti sidang pemilihan tingkat daerah Catar Akmil sumber umum/reguler. Jumlah ini merupakan hasil seleksi dari 2.145 orang pendaftar yang telah melewati dan lulus serangkaian tes seperti tes administrasi, kesehatan, kamampuan jasmani dan mental ideologi. Selanjutnya dalam sidang ini akan dipilih 38 Catar untuk dikirim ke seleksi tingkat pusat, sementara Kodam Jaya pada tahun anggaran 2018 mendapat alokasi 19 orang untuk mengikuti pendidikan.

Pemuda-pemuda kader terbaik bangsa ini dipersiapkan menjadi perwira dan unsur pimpinan di satuan-satuan TNI, untuk itu menurut Pangdam Jaya, hasil dari proses pemilihan ini merupakan cerminan keberhasilan Kodam Jaya dalam membantu meningkatkan kualitas prajurit ke depan yang lebih handal, tangguh, militan dan profesional.

Mekanisme sidang pemilihan dibagi tiga gelombang pemilihan. Tiap gelombang, oleh panitia seleksi maupun oleh peninjau dan pengawas dari Mabes TNI dan Itjenad diteliti secara cermat. Bahkan ada beberapa Catar yang sempat diukur ulang tinggi badannya atas perintah Pangdam Jaya.

About master

ucapan-lebaran
ihy
SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696