Home / Pembinaan Teritorial / Tingkatkan Produksi Pangan, Babinsa Koramil Balaraja Lakukan Upsus

Tingkatkan Produksi Pangan, Babinsa Koramil Balaraja Lakukan Upsus

Kodam Jaya – Tigaraksa. Jajaran Kodim 0510/Tigaraksa terus memberikan pendampingan pertanian dalam kegiatan Upaya Khusus (Upsus) guna membantu para petani di wilayah binaannya. Seperti pendampingan Upsus yang dilakukan Babinsa Koramil 05 Balaraja Kodim 0510/Tigaraksa yang membantu Kelompok tani Mulyasari untuk menanam bibit padi di Desa Gembong Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang. Kamis (05/07/2018).

Padi merupakan salah satu Komoditi utama selain Jagung dan Kedelai yang menjadi Pioritas Utama Pemerintah dikarenakan Padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan sehingga dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya menjadi amat Penting dan Strategis.

Selain membantu penanaman bibit padi, para Babinsa juga memberikan semangat/motivasi untuk mendorong petani lebih giat bertani serta memberikan penyuluhan ataupun sosialisasi kepada petani tentang bagaimana cara bertani dengan benar. Upaya-upaya inilah yang terus dilakukan babinsa dalam pendampingan upsus dalam meningkatkan produktifitas pangan di wilayah Balaraja.

Danramil 05/Balaraja Kodim 0510/Trs Kapten Arm Hari Subagijono mengatakan bahwa pendampingan Upsus yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil swasembada pangan dalam upaya ketahanan pangan untuk meningkatkan kesejahteraan. “Seperti Babinsa Desa gembong mendampingi kelompok tani Mulyasari yang merupakan kelompok tani yang berada di wilayah binaan. Setiap Babinsa Koramil 05/Balaraja yang mempunyai wilayah binaan wajib melakukan pendampingan Upsus utuk ketahanan pangan,” ujar Danramil.

Danramil berharap, pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa jajarannya tersebut dapat mendukung ketahanan pangan di Desa binaannya. “Kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga para petani bisa turut serta menciptakan swasembada pangan secara nasional sehingga masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraannya,” tuturnya.

About master

ucapan-lebaran
ihy
SK1Slide thumbnail
SK2Slide thumbnail
sinergitas-1045-x-696
netral-1045-x-696