Home / Berita Satuan / 28 Anggota Dewan Saka Wira Kartika Koramil Ciputat Dikukuhkan

28 Anggota Dewan Saka Wira Kartika Koramil Ciputat Dikukuhkan

Kodam Jaya – Tangerang Selatan. Danramil 05/Ciputat Kodim 0506/Tangerang, Kapten Inf Dahlan yang diwakili Pelda Bambang Suteja, membuka sekaligus melepas 28 orang calon Dewan Saka Wira Kartika untuk menjalani Pengukuhan dan Pemantapan Krida di Koramil, Ciputat, Sabtu (20/10/18).

Calon Dewan Saka Wira Kartika yang baru ini akan menjalani tahapan pengukuhan di Lapangan Bola, RT.03 RW.03 Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Di sana, mereka dikukuhkan oleh Sertu Joko Pitono yang bertindak mewakili Danramil 05/Ciputat.

Dalam acara pengukuhan ini, calon Dewan Saka Wira Kartika menerima pembekalan dari anggota Pramuka Senior dan dari anggota Koramil 06/Ciputat, seperti materi keorganisasian yang disampaikan Ade Putra Pasya dan materi PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) yang disampaikan Widya Naylofar.

Sedangkan materi wawasan kebangsaan dan PBB (Peraturan Baris-Berbaris) diberikan oleh Pelda Bambang Suteja. Untuk materi pemantapan Krida, seperti Krida Navigasi Darat, Krida Pionering, Krida mountaineering, Krida Survival, Krida Penanggulangan Bencana dan Pelatihan Autbond diajarkan oleh Furkon.

Saat dikonfirmasi, Danramil 05/Ciputat Kapten Inf Dahlan menyampaikan bahwa semua kegiatan pengukuhan ini dilakukan menggunakan Sistem Among dan prinsip-prinsip metode pendidikan kepramukaan. “Dengan Sistem Among, dimana kita memberikan kebebasan kepada mereka untuk dapat bergerak dan bertindak dengan leluasa tanpa ada paksaan, guna mengembangkan kemandirian, percaya diri, dan kreativitas mereka. Tujuannya tidak lain untuk mengembangkan dan membina watak, mental, moral, jasmani, bakat, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan mereka,” jelas Danramil.

Menurut Danramil, kegiatan ini memang sudah direncanakan dengan baik beberapa waktu lalu sesuai program dari komando atas dan sebagai bagian dari pembinaan teritorial di wilayah Koramil 06/Ciputat. “Ini sebagai pembinaan perlawanan wilayah dengan memantapkan bela negara generasi muda melalui Pramuka Satuan Karya Wira Kartika,” tutup Danramil.

About redaksi