Home / Berita Satuan / Anggota Kodim Tangerang Terima Ceramah Dari Wakabintaldam Jaya

Anggota Kodim Tangerang Terima Ceramah Dari Wakabintaldam Jaya

Kodam Jaya – Tangerang. Sebanyak 115 orang anggota Kodim 0506/Tangerang terdiri dari militer, PNS dan anggota Persit menerima ceramah pembinaan mental (Bintal) rohani Islam di Aula Kodim, Tangerang, Senin (27/8/18). Kasdim 0506/Tangerang Mayor Kav Sapta Raharja. S.I.P turut hadir dalam ceramah tersebut.

Wakil Kepala Bintaldam (Wakabintaldam) Jaya Letkol Inf Drs. Abdul Kohar, M.Si, dalam kesempatan itu menyampaikan ceramah dengan judul ‘Hikmah Nilai-Nilai Kemerdekaan Bagi Kehidupan Prajurit dan PNS Beserta Keluarganya’.

Dalam ceramahnya, Wakabintaldam Jaya menjelaskan posisi iman dalam sebuah perjuangan yaitu untuk melawan kezaliman atau penindasan, untuk membela kebenaran, mempertahankan hak dan menegakkan keadilan. Selain itu,ia juga menegaskan bahwa kemerdekaan merupakan rahmat dari Allah SWT.

Wakabintaldam Jaya juga menguraikan makna pelaksanaan tugas dalam Islam. “Tugas hakekatnya adalah amanah dan ibadah, sehingga harus dipelihara dan dilaksanakan dengan baik untuk kebahagian,” urai Wakabintal.

Terkait tugas prajurit, Wakabintal menjelaskan, harus berpedoman pada Al-Quran surat An-Nisa ayat 71. “Wahai orang-orang yang beriman, bersiapsiagalah kamu dan majulah (ke medan pertempuran) secara berkelompok atau majulah bersama-sama (serentak),” kutip Wakabintal.

Ia juga menjelaskan, tugas prajurit adalah perintah Allah SWT. “Profesi prajurit adalah takdir. Hidup dan mati sudah ditentukan Allah, yakinlah kebenaran akan menang dan yakinlah jadi prajurit adalah mulia,”sambung Wakabintal.

Diakhir ceramahnya, Wakabintaldam Jaya menyampaikan pedoman menjalankan tugas sebagai prajurit maupun keluarga prajurit. “Sebagai prajurit, kita harus terus meningkatkan kemampuan, mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keharmonisan keluarga. Sedangkan sebagai keluarga, harus paham tugas sebagai istri prajurit, penuh cinta kasih melayani suami, berikan motivasi kepada suami, ringankan bebannya dan bangun selalu kepercayaan,” pungkas Wakabintaldam Jaya.

About redaksi