Home / Berita Satuan / Anggota TNI Dukung Penertiban Bangunan Liar di Sekitar Rel Kereta Api Kampung Bandan Jakarta Utara

Anggota TNI Dukung Penertiban Bangunan Liar di Sekitar Rel Kereta Api Kampung Bandan Jakarta Utara

Kodam Jaya – Pademangan. Ratusan personel gabungan dari Satpol PP, PT. KAI (Kereta Api Indonesia), Polri dan TNI, melakukan razia dan penertiban puluhan bangunan liar yang berada di sepanjang bantaran rel kereta api di kawasan Kampung Bandan, RT.006 RW.04, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (25/10) pagi.

Ratusan personel gabungan ini terdiri dari 20 anggota Satpol PP, 100 orang dari PT. KAI, 10 anggota Polsek Pademangan, 10 anggota Polsek Tambora, 5 anggota Koramil 02/Penjaringan, 10 anggota Kodim 0503/Jakarta Barat, 5 anggota TNI AL dan 5 anggota Garnisun Tetap I/Jakarta.

Menurut Danramil 02/Penjaringan Kodim 0502/Jakarta Utara Mayor Inf Dwi Harry Wibowo, keterlibatan anggota TNI dalam penertiban ini atas permintaan pihak PT. KAI selaku pemilik lahan. Selain itu, kata Danramil, penertiban ini sengaja melibatkan unsur gabungan, agar seluruh prosesnya berjalan dengan tertib dan aman, termasuk melibatkan personel dari PT. KAI.

Danramil menambahkan bahwa di lokasi penertiban sudah sering terjadi kecelakaan dan kawasan itu dijadikan tempat pelaku kriminal berkumpul. “Penertiban ini bertujuan untuk mengantisipasi sekaligus mengurangi angka kriminalitas di sekitar rel kereta api. Selain itu, tentunya untuk menghindari jatuhnya korban jiwa akibat terserempet atau tertabrak kereta api yang masih sering terjadi. Untuk itu, razia dan penertiban ini kami lakukan bersama-sama semua unsur terkait,” jelas Danramil.

Ditambahkan Danramil, razia dan operasi gabungan seperti ini akan dilakukan kembali, sebagai salah satu wujud sinergitas seluruh instansi terkait. “Harapannya, sinergitas ini dapat menekan bahkan mencegah tindak kriminalitas dan kecelakaan yang melibatkan kereta api. Serta mengembalikan estetika (keindahan) kawasan di sekitar bantaran rel kereta api,” pungkas Danramil.

About redaksi