Home / Berita Satuan / Asah Naluri Tempur, Ratusan Prajurit Kodim Depok Ikuti Latihan Menembak

Asah Naluri Tempur, Ratusan Prajurit Kodim Depok Ikuti Latihan Menembak

Kodam Jaya – Depok. Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak, ratusan anggota Kodim Depok mengikuti latihan menembak di Lapangan Tembak RTM, Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok, Selasa (4/12).

Latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri) Triwulan IV Tahun 2018 ini, diikuti seluruh Prajurit Kodim Depok dan dipimpin Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kapten Arh Setiono. Latihan berlangsung selama dua hari, mulai Selasa (4/12) hingga Rabu (5/12).

Latihan ini bertujuan melatih kembali kemampuan menembak sekaligus naluri tempur. “Latihan menembak ini dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak sekaligus mengasah naluri tempur para Prajurit,” kata Kapten Setiono.

Meski bertugas di Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), kemampuan prajurit dalam menembak harus tetap terpelihara, sehingga naluri tempur Prajurit selalu terjaga. “Seluruh Prajurit harus jago menembak, ini merupakan program dari Komando Atas dan dilaksanakan secara rutin setiap triwulan pada tahun anggaran berjalan,” katanya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Koordinator Latihan, Kapten Kav Syahroni menjelaskan, bahwa dalam latihan menembak tersebut, para Prajurit menggunakan dua jenis senjata, yaitu laras panjang dan laras pendek. “Untuk laras panjang kami menggunakan Senapan M 16 A1 dan laras pendek menggunakan Pistol jenis P1 buatan PT. Pindad,” ujar Syahroni.

Sementara materi yang dilatihkan, untuk senapan jarak 100 meter, yakni dengan sikap tiarap. Sedangkan latihan menembak pada jarak 25 meter memakai pistol, dengan sikap berdiri.

Penekanan faktor keamanan disampaikan berulang oleh Koordinator, agar selama latihan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. “Ikuti dan patuhi aturan-aturan ataupun Protap-protap selama di lapangan, sehingga pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan tertib, aman, dan lancar,” katanya.

About redaksi