Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil Kemayoran Gandeng Damkar Berikan Simulasi Hadapi Bencana Kebakaran

Babinsa Koramil Kemayoran Gandeng Damkar Berikan Simulasi Hadapi Bencana Kebakaran

Kodam Jaya – Jakarta. Guna melatih kesigapan satuan pengamanan ITC Cempaka Mas Mega Grosir saat mengantisipasi kebakaran, Babinsa Koramil 07/Kemayoran Serda Wiyono bekerjasama dengan damkar melaksanakan pelatihan pemadam kebakaran dan evakuasi kebakaran di ITC Cempaka Mas Mega Gerosir di Jl. Letjend. Suprapto, Kel. Sumur Batu, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat. Selasa (18/9).

Didahului dengan apel pengecekan, latihan simulasi kebakaran dan penanganan dilaksanakan dengan skenario bahwa di ITC Cempaka Mas terjadi kebakaran. Terlihat kepulan asap hitam di lantai 5 ITC Cempaka Mas Mega Grosir dengan api semakin besar dan para pengunjungpun panik dan berlarian keluar. Dipimpin oleh Unggul Wibowo dengan sigap, satuan pengamanan ITC Cempaka Mas Mega Grosir melakukan langkah langkah penanganan bahaya kebakaran. Mereka menyalakan sirene (alarm) tanda kebakaran dan langsung melaporkan kepada Pemadam Kebakaran, Kepolisian dan Koramil.

Babinsa Koramil 07/Kemayoran Serda Wiyono menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat memberi gambaran kondisi yang ‎sesungguhnya saat terjadi kebakaran, sehingga dapat melatih kesigapan security dalam menanggani kondisi dan situasi kebakaran serta evakuasi para pengunjung. “Sekarang kita ubah logika berpikir mereka agar satuan pengamanan secara mandiri mampu menangani bahaya kebakaran. Caranya adalah ‎melatih satuan pengamanan dengan simulasi menghadapi kebakaran secara mandiri dan bekerja sama dengan instansi terkait,” kata Serda Wiyono

Staf Pengelola ITC Cempaka Mas, Bapak Prio Mulyono mengatakan bahwa program pelatihan ini merupakan salah satu agenda kerja pihak pengelola dalam upaya pencegahan dan penanganan bahaya kebakaran dan bekerjasama dengan Suku Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta. Ikut mendukung kegiatan ini Kapospol ITC Cempaka Mas Asdim, 150 personel dari staf pengelola dan satuan pengamanan ITC Cempaka Mas, tim Damkar serta 3 personel Puskesmas Kemayoran.

About redaksi