Home / Berita Satuan / Babinsa Tanamkan Karakter Kebangsaan Siswa SDN 06 Jelambar

Babinsa Tanamkan Karakter Kebangsaan Siswa SDN 06 Jelambar

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Puluhan siswa siswi SDN 06 Jelambar Jakarta Barat antusias mengikuti latihan sekaligus perlombaan Pramuka yang berlangsung di halaman sekolah, Rabu (6/2/19).

Menurut salah seorang juri yang juga Babinsa Koramil 03/Grogol Petamburan, Sertu Efrizal, latihan yang rutin diadakan setiap Rabu itu sengaja dikemas dengan metode belajar sambil bermain, agar para siswa tidak bosan. “Siswa yang mengikuti latihan cukup banyak, bukti mereka menyukai latihan ini,” ujar Sertu Efrizal.

Efrizal juga menjelaskan bahwa latihan ini merupakan pelajaran ekstrakurikuler untuk menanamkan disiplin dan karakter kecintaan yang kuat terhadap NKRI. “Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini, kita tanamkan sejak dini kepada para siswa agar cinta tanah air, berdisiplin tinggi, selalu kompak dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari,” tambah Efrizal.

Dalam latihan ini, para siswa diberikan materi latihan berbaris, wawasan kebangsaan seperti Pancasila dan UUD 1945 yang dipadukan dengan materi kepramukaan seperti Krida Navrat, Krida Pioneer, Krida Mountenering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam. “Para siswa diberikan beberapa materi pelatihan, kemudian setelah itu kita lakukan penilaian per kelompok untuk memilih regu yang terbaik,” kata Sertu Efrizal.

About redaksi