Home / Berita Satuan / Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim Bekasi Adakan Penyuluhan P4GN dan Tes Urine

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim Bekasi Adakan Penyuluhan P4GN dan Tes Urine

Kodam Jaya – Dalam upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba di jajaran Kodim 0507/Bekasi menggelar kegiatan sosialisasi dan tes urine dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), pada Triwulan-III TA.2018 yang diselenggarakan di halaman Makodim Jl. Veteran No.60 Kel. Margajaya Kec.Bekasi Selatan. Senin 17/09/2018.

Dalam kegiatan ini Kodim 0507/Bekasi bekerja sama dengan Tim Polkesdim Bekasi yang dipimpin langsung oleh dr. Berty Yosita sebagai upaya mencegah jajarannya dari bahaya narkotika. Upaya pencegahan dilakukan dengan cara sosialisasi sekaligus melaksanakan tes urine terhadap prajurit dan PNS Kodim 0507/Bekasi.

Dalam pembukaan sosialisasi Kasdim 0507/Bekasi Mayor CZi Sali menyampaikan bahwa pemeriksaan ini merupakan upaya Satuan untuk  dapat menjadi contoh bagi satuan lain atau publik dalam mencegah berkembangnya pemakaian narkoba.

“Tes urine ini merupakan bagian dari program Kodim Bekasi dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Tes urine ini dilakukan secara mendadak terhadap seluruh prajurit dan PNS Makodim dan jajarannya,” ujar Kasdim.

dr. Berty Yosita dalam sosialisasinya mengingatkan bahwa Indonesia saat ini adalah negara dengan status darurat narkoba. Hal ini disebabkan karena Indonesia adalah pasar potensial bagi transaksi jual-beli narkoba. “Saat ini ancaman narkoba sudah masuk ke hampir seluruh lapisan masyarakat, termasuk institusi negara. Indonesia berada dalam status darurat narkoba pada saat ini,” terang dr. Berty.

dr. Berty Yosita juga mengingatkan bahwa P4GN ini bukan hanya tugas BNN atau TNI-POLRI saja, namun menjadi tanggung jawab semua masyarakat dan elemen bangsa. “Jadi bukan hanya bahaya terorisme saja, namun narkoba pun terus mengancam bangsa ini. Apabila kita biarkan, dampak negatif tidak hanya merasuk ke lingkungan anak-anak muda, tetapi juga masuk ke institusi-institusi,” jelas dr Berty

Setelah dilakukan pengecekan urin ternyata hasilnya seluruh anggota Kodim 0507/Bekasi negatif dari narkoba. “Alhamdulillah hasil yang di dapat negatif, yang artinya tidak ada anggota dan PNS Kodim 0507/Bks yang menggunakan/memakai Narkoba. Saya berharap kepada seluruh personel, untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran narkoba serta menjadi bagian dari pencegahan, penindakan peredaran narkoba di Indonesia,’’ ucap Sali

About redaksi