Home / Berita Satuan / Cegah Radikalisme, Kodim Jakarta Barat Sosialisasikan Pancasila Melalui Lomba Melukis

Cegah Radikalisme, Kodim Jakarta Barat Sosialisasikan Pancasila Melalui Lomba Melukis

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Kodim 0503/Jakarta Barat menyelenggarakan lomba melukis dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia di LG Lippo Mall Puri, Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Minggu (26/8).

Lomba ini bertemakan “Melalui Kemanunggalan TNI Rakyat, Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme”. Perlombaan dibuka langsung oleh Dandim 0503/Jakart Barat Letkol Kav Andre Henry Masengi.

Dandim Jakarta Barat mengatakan, lomba melukis ini bukan hanya sebagai rangkaian peringatan HUT ke-73 RI, namun juga sebagai sosialisasi Pancasila untuk mengantisipasi pengaruh radikalisme di kalangan generasi muda. “Kami dari Kodim Jakarta Barat sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk menangkal paham radikalisme, baik di sekolah dan kampus maupun di tempat-tempat lainnya,” ujar Dandim.

Dandim berharap, pasca lomba, para peserta dapat menularkan nila-nilai Pancasila kepada siswa-siswi di sekolah masing-masing. “Semoga nilai-nilai Pancasila dapat tertular kepada siswa-siswi lainnya, termasuk dapat mencegah masuknya paham-paham lain ke lingkungan sekolah, seperti radikalisme yang makin menunjukkan eksistensinya,” harap Dandim.

Sementara Ketua Penyelenggara, Kapten Kav Dwi Joko bersama Danramil 07/Kembangan Kapten Inf Misin MD menambahkan, lomba ini diikuti 75 peserta dari pelajar setingkat SMA di Jakarta Barat. “Lomba ini juga untuk menjalin hubungan silaturahmi sesama pelajar, sekaligus memberikan semangat dan motivasi kepada mereka untuk lebih berprestasi. Perlombaan ini bukan hanya untuk mencari juara, tetapi yang kita ambil hikmah dalam kegiatannya,” tandas Kapten Dwi Joko.

Terpilih sebagai juara pertama SMAN-19 Tambora, juara kedua SMAN-33 Cengkareng, juara ketiga SMAN-78 Grogol dan juara harapan SMA Pelita. Kepada para juara diberikan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan.

About redaksi