Home / Berita Satuan / Dandim Bekasi Ajak Semua Pihak Bijak Cermati Isu Tenaga Kerja Asing

Dandim Bekasi Ajak Semua Pihak Bijak Cermati Isu Tenaga Kerja Asing

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Komandan Kodim (Dandim) 0507/Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan didapuk menjadi salah satu narasumber dalam ‘Seminar Diseminasi Tentang Isu-Isu Keberadaan Orang Asing Di Indonesia, Khususnya Di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi,’ yang dihelat oleh Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi di Ruang Imperium, Hotel Aston Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (28/9).
Dalam pemaparannya, Dandim 0507/Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan menyampaikan, sebagai salah satu unsur penanggung jawab keamanan di Kota Bekasi, pihaknya siap bersinergi dengan Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas dan mendukung pelaksanaan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.
Terkait dengan ramainya isu kehadiran warga negara asing di Indonesia, termasuk di wilayah Bekasi yang sempat diramaikan dengan adanya pekerja asing asal Tiongkok yang melakukan pengukuran tanah untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Dandim 0507/Bekasi mengajak semua pihak untuk mencermati setiap peristiwa yang terjadi.
“Banyakanya isu yang berkembang tentang orang asing, termasuk tentang WNA asal Tiongkok sebagai pekerja kasar, wisatawan dan pembangunan perumahan yang diikuti dengan keprihatinan berbagai kalangan. Memerlukan filter atau saringan agar tidak meresahkan,” ujarnya.
Ia melanjutkan, dalam situasi seperti ini, diperlukan langkah antisipasi strategis, agar serbuan tenaga kerja asing tidak merugikan warga negara Indonesia. Ia mencontohkan dengan peningkatan kemampuan SDM Indonesia dengan melibatkan berbagai instansi terkait, agar SDM Indonesia memiliki daya saing dengan tenaga kerja asing. Disamping itu, diperlukan juga ketegasan penegakan peraturan, jika terjadi pelanggaran keimigrasian sesuai ketentuan yang berlaku.
“Disamping itu, perlu dicermati pula kemungkinan kerawanan wilayah, ancaman teror dan sabotase dari kelompok yang tidak puas terhadap kebijakan pemerintah terkait membanjirnya tenaga kerja asing. Termasuk gangguan Kamtibmas di wilayah, gangguan fisik maupun ancaman terhadap tenaga kerja asing, hingga antisipasi kerusuhan, demo, sweping hingga aksi main hakim sendiri terhadap tenaga kerja asing,” tegasnya.
Turut menjadi pembicara dalam seminar diseminasi yang dihadiri sekira 100 ini yakni, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Bekasi Sutrisno, Kasubdit Kerjasama Intelijen Keimigrasian Ari Tri Estih M., serta Kasat Intelkam Polrestro Bekasi Kota AKBP Slamet Haryono.

About redaksi