Home / Berita Satuan / Danramil Kalideres Ajak Siswa Amalkan Pancasila dan Perangi Hoax di Media Sosial

Danramil Kalideres Ajak Siswa Amalkan Pancasila dan Perangi Hoax di Media Sosial

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Komandan Koramil (Danramil) 06/Kalideres Kapten Inf Abdul Kholik memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 150 siswa-siswi kelas VII dan VIII SMP Negeri 205 Jakarta, Jalan Semanan Raya No.2, RT.004 RW.008, Kel. Semanan, Kec. Kalideres, Jakarta Barat, Senin (11/2/19).

Pada kesempatan itu, Danramil menyampaikan materi Cinta Tanah Air, Proxy War, bahaya narkoba dan bahaya tawuran antar pelajar. “Di media sosial maupun di lingkungan, kita sering mendengar dan melihat kasus penyalahgunaan narkoba dan tawuran antar pelajar. Kesemua itu adalah ancaman besar terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena melibatkan generasi muda sebagai penerus bangsa,” jelas Danramil.

Danramil juga menjelaskan bahwa Bangsa Indonesia mempunyai jumlah penduduk dan sumber daya alam yang besar karena merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia. Kondisi ini, dipaparkan Danramil, membuat beberapa negara adi kuasa ingin mengusai Indonesia. “Salah satu cara mereka dengan merusak generasi penerus melalui narkoba dan berbagai tipu daya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan, seperti yang dikenal dengan proxy war termasuk membangkitkan paham radikal di kalangan remaja,” papar Danramil.

Danramil meminta para siswa untuk mengamalkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam kehidupan sehari-hari untuk membendung ancaman dari pengaruh negatif yang dilancarkan pihak luar.

Danramil juga mengajak para siswa untuk selalu mawas diri dan waspada terhadap informasi hoax di media sosial yang sengaja disebarkan oleh pihak-pihak tertentu untuk memecah belah persatuan dan kesatuan. “Aksi-aksi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di media sosial dengan menyambar hoax yang dapat berpengaruh buruk dan bisa mengganggu persatuan kita. Untuk itu, adik-adik harus bisa melawannya dengan tidak turut menyebarkan hoax tersebut,” pungkas Danramil.

About redaksi