Home / Berita Satuan / Danrindam Jaya Tutup Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus Babinsa Tahun 2018

Danrindam Jaya Tutup Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus Babinsa Tahun 2018

Kodam Jaya – Condet. Komandan Rindam (Danrindam) Jaya Kolonel Inf Ketut Gede Wetan Pastia, S.E, mewakili Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto, selaku inspektur upacara menutup secara resmi Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus (Diktukbasus) Babinsa TNI AD Tahun Anggaran 2018 di Lapangan Chandradimuka Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur, Rabu (12/9).

Membacakan amanat Pangdam Jaya, Danrindam Jaya menyampaikan ucapan selamat kepada 242 siswa yang dilantik menjadi Bintara TNI AD berpangkat Sersan Dua (Serda) yang disiapkan sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa). Pangdam Jaya mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab Babinsa sangat komplek sehingga lulusan Diktukbasus ini harus bisa menghindari sikap, tindakan dan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, satuan dan citra TNI. Harapan Pangdam Jaya ini sangat penting untuk dipedomani karena tugas-tugas Babinsa bersentuhan dengan masyarakat.

Disebutkan juga dalam amanat Pangdam bahwa pangkat Sersan Dua yang telah disandang para mantan prajurit siswa, hendaknya dijadikan motivasi untuk terus belajar dan berlatih untuk meningkatkan kemampuan. Kemampuan yang dimilikinya akan sangat bermanfaat untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas teritorial mewujudkan kemanunggalan TNI denga rakyat. “Seorang Babinsa harus mampu berbaur dan merangkul semua lapisan masyarakat, sehingga tercipta situasi dan suasana kondusif,” ujarnya.

Pangdam Jaya juga menekankan bahwa dengan selesainya Diktukbasus ini, para Babinsa dituntut juga harus mampu mendapatkan informasi sekecil apapun dan dari sumber manapun, sehingga hal-hal yang dapat membahayakan stabilitas keamanan dapat dicegah sedini mungkin. “Saya yakin, dengan bekal pengalaman dalam pengabdian dan penerapan metode pembinaan teritorial yang baik, kalian akan mampu berperan sebagai Babinsa yang profesional,” ucapnya.

Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus Babinsa TNI AD Tahun Anggaran 2018 ini, dilaksanakan selama satu bulan, sejak 16 Agustus hingga 12 September 2018 dan diikuti sebanyak 242 siswa Tamtama yang semuanya dinyatakan lulus dan dilantik menjadi Bintara dengan pangkat Sersan Dua.

Upacara penutupan dengan Komandan Upacara (Danup) Wadan Secaba Rindam Jaya Mayor Inf Ida Bagus ini, ditandai dengan pelepasan tanda peserta Diktukbasus Babinsa oleh Danrindam Jaya dari perwakilan mantan prajurit siswa.

Hadir dalam upacara penutupan pendidikan ini antara lain, pejabat Kodam Jaya/Jayakarta, pejabat Rindam Jaya, para Komandan Satdik jajaran Rindam Jaya, para tamu undangan serta keluarga Prajurit yang dilantik.

About redaksi