Home / Berita Satuan / Hadirkan Perpustakaan Keliling, Dandim Jakarta Pusat Ajak Anak-anak Gemar Membaca

Hadirkan Perpustakaan Keliling, Dandim Jakarta Pusat Ajak Anak-anak Gemar Membaca

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Guna meningkatkan minat membaca bagi anak-anak, Kodim 0501/Jakarta Pusat Berdiri Sendiri bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Jakarta Pusat menghadirkan Perpustakaan Keliling (Mobil Pintar) pada acara Penutupan Penggalangan TNI Manunggal KB Ke-32 Tingkat Kota Adminitrasi Wilayah Jakarta Pusat di Gelanggang Olah Raga, Jl. Johar Baru Senen, Jakarta Pusat. Rabu (19/09).

Tujuan dihadirkannya perpustakaan keliling ini adalah untuk memacu minat membaca anak-anak usia 5 sampai dengan 7 tahun terhadap buku-buku bacaan yang pantas bagi anak-anak. Dengan membaca diharapkan pula dapat memperkenalkan buku pada anak-anak sehingga akan membuat anak terbiasa melihat buku sebagai sumber informasi yang menarik dan menyenangkan. Kelak ia akan terbiasa dan siap untuk membaca buku apa pun.

Dalam penyampaiannya saat meninjau stand Perpustakaan keliling, Dandim mengatakan bahwa budaya membaca sangat bermanfaat bagi anak-anak karena buku adalah jendela dunia dan ilmu pengetahuan. “Tugas kita untuk mendorong anak-anak rajin membaca, karena kita tahu bahwa budaya membaca sangatlah penting bagi mereka. Dengan membaca , mereka mendapatkan ilmu dan pengetahuan sehingga kelak dapat bermanfaat bagi masa depannya,” jelas Dandim.

Dalam tinjauannya tersebut Dandim menyempatkan diri untuk menyapa anak-anak dan memberikan mereka motivasi untuk rajin membaca. “Ayo anak-anak semangat belajar dan rajin membaca, supaya pintar dan kelak bisa mencapai cita-cita yang kamu inginkan. Pilihlah buku yang bisa menjadi penuntun, manfaatkan perpustakaan keliling ini untuk menambah pengetahuanmu,” ajak Dandim.

Pada kesempatan ini juga Mohammad Aprilianto selaku petugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Jakarta Pusat mengatakan bahwa pada dasarnya keberadaan Perpustakaan Keliling ini merupakan Program Pemerintah yang bertujuan untuk mencerdaskan Anak Bangsa. Kehadirannya di acara Keluarga Berencana ini sangat tepat dan bermanfaat.

“Hadirnya Perpustakaan Keliling di kegiatan Kodim 0501/JP BS ini sangat tepat bersamaan dengan kegiatan Keluarga Berencana. Ibu-Ibu peserta KB dapat memanfaatkan Perpustakaan Keliling sebagai tempat penitipan anak saat mereka sedang mengikuti kegiatan KB. Apalagi rata-rata anak yang diajak umumnya berusai 5 Tahun sampai 7 Tahun,” kata Mohammad.

About redaksi