Home / Berita Satuan / Jaga Netralitas TNI, Kodim Jakarta Barat Gelar Penyuluhan Hukum Kepada Anggotanya

Jaga Netralitas TNI, Kodim Jakarta Barat Gelar Penyuluhan Hukum Kepada Anggotanya

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Tim penyuluh hukum dari Kumdam Jaya Letkol Chk Abdul Salam, S.H. memberikan penyuluhan hukum kepada prajurit jajaran Kodim 0503/JB bertempat di Aula Makodim 0503/JB, Jl. Letjen S. Parman, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (05/11/2018).

Dalam sambutannya, Letkol Chk Abdul Salam menyampaikan, penyuluhan hukum ini merupakan program kerja dari komando atas sebagai penyegaran tentang segala ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan militer, khususnya tentang Netralitas TNI pada Pemilu 2019.

Dalam penjelasannya Letkol Chk Abdul Salam menjelsakan bahwa  Netralitas TNI adalah bersikap netral dalam kehidupan politik Negara  dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis sesuai amanah reformasi internal TNI. “TNI harus netral tidak boleh memihak atau mendukung salah satu partai politik manapun. Oleh karena itu setiap prajurit TNI, baik selaku perorangan maupun institusi tidak memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada peserta Pemilu dan Pilkada,” jelas Letkol Chk Abdul Salam yang sehari harinya menjabat sebagai Wakakumdam Jaya.

Wakakumdam juga menegaskan bahwa TNI dilarang melakukan tindakan atau pernyataan yang bersifat mempengaruhi keputusan KPU dan Panwaslu. “Bagi personel TNI yang terlibat, akan dikenakan sanksi sesuai dengan UU TNI No.12 TA 2018,” tegasnya

Diakhir ceramahnya Wakakumdam berharap bahwa penyuluhan ini dapat bermanfaat bagi anggota Kodim Jakarta Barat. “Semoga penyuluhan hukum ini dapat memberikan kontribusi positif bagi satuan, sehingga dapat meminimalisir adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota,” ujarnya.

Penyuluhan hukum dihadiri oleh Kasdim 0503/JB Mayor Inf Muhamad Rizal S.Sos, para Danramil, Perwira Staf dan 150 prajurit dan PNS jajaran Kodim 0503/JB.

About redaksi