Home / Berita Satuan / Janda Veteran Ini Menangis Saat HUT ke 73 TNI

Janda Veteran Ini Menangis Saat HUT ke 73 TNI

Kodam Jaya – Depok. Wajah Sriyati (74) seketika memerah, air matanya pun menetes ketika Camat Sawangan Zainudin akan memberikan potongan tumpeng kepadanya. Ia pun tertunduk seraya mengusap air matanya yang membasihi pipi.

Pemberian tumpeng yang dilakukan Zainudin didampingi Danramil Sawangan Kapten Arm Erwin Syahputera ini, merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke 73 yang digelar Koramil Sawangan, Kodim Depom di Aula Kecamatan Sawangan. Sabtu (6/10/2018).

“Mak sedih, terharu. Potongan tumpeng diberikan kepada mak. Mak jadi ingat sama almarhum suami,” kata Sriyati kepada wartawan, usai menerima potongen tumpeng dan sembako yang dipersembahkan Koramil Sawangan.

Ia bercerita, dirinya merupakan janda veteran dari Peltu Purnawirawan Amsir Ramli, mantan prajurit TNI yang bertugas di Kodam Jaya.

Menurutnya, sang suami terakhir bertugas di Kodam Jaya pada tahun 1976 dan meninggal di tahun 1998. “Beberapa hari lalu, pak Erwin (Danramil Sawangan) datang ke rumah mak, minta tolong hadir pada perayaan ulang tahun TNI. Mak tidak tahu, perkiraan mak cuma menghadiri saja. Tahu-tahunya potongan tumpeng ulang tahun TNI diberikan kepada mak. Sedih mak,” tutur Sriyati sambil mengusap air matanya.

Disebutkannya, pada tahun 2017, rumahnya telah dilakukan renovasi oleh Koramil Sawangan, sehingga rumah yang awalnya tidak layak dihuni, kini menjadi layak. “Mak sangat diperhatikan oleh TNI. Tahun lalu rumah mak dibedah sama Koramil Sawangan. Sebelumnya sering juga dikasih sembako. Hari ini mak dikasih potongan tumpeng ulang tahun TNI,” ujarnya.

Sriyati berharap, pada usianya yang ke 73 tahun ini, TNI semakin dekat dengan rakyat. “Semoga TNI semakin merakyat,” pungkasnya.

Danramil 05/Sawangan, Kodim 0508/Depok Kapten Arm Erwin Syahputra mengatakan, kegiatan yang dihadiri Sriyati merupakan silaturrahmi Forkonpinka Kecamatan Sawangan, dalam rangka HUT ke 73 TNI. “Potongan tumpeng tersebut sengaja kita berikan kepada mak Sriyati, karena dialah yang sangat berhak menerimanya. Ini merupakan darma bakti kami kepada pejuang dari pendahulu yang diwakili oleh mak Sriyati,” kata Erwin.

Danramil menjelaskan, pada HUT ke 73 TNI, tema yang diusung yaitu profesionalisme TNI untuk rakyat, memiliki makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai┬ákegiatan.”TNI di masa kini tidak ragu untuk menunjukkan darma bakti terbaik kami, sebagai halnya yang dicontohkan para prajurit dan pejuang dari pendahulu kami. Inilah salah satu contoh, yakni pemberian tumpeng kepada mak Sriyati,” pungkasnya.

About redaksi