Home / Berita Utama / Kasdam Jaya Tutup Lomba Menembak Piala HUT Kemerdekaan RI ke 73

Kasdam Jaya Tutup Lomba Menembak Piala HUT Kemerdekaan RI ke 73

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M mewakili Pangdam resmi menutup Lomba Menembak Piala Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia Tahun 2018 di Lapangan Tembak Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha Jalan Raya Bogor RT.1 RW.5, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Minggu (2/9).

Dalam sambutan yang dibacakan Kasdam, Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto menyampaikan ucapan selamat kepada peraih juara. “Semoga dapat meningkatkan kemampuan dan kemahiran serta berprestasi di lomba berikutnya. Bagi yang belum berhasil, jadikan sebagai motivasi untuk terus berlatih guna meraih kemenangan pada kesempatan yang lain,” kata Pangdam Jaya.

Pangdam berharap, dari lomba ini para peserta dapat meningkatkan silaturahmi dan saling memotivasi untuk meningkatkan kemampuan menembak. “Diharapkan terjalin silaturahmi yang makin kuat dan para peserta bisa saling tukar pengalaman dan motivasi untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menembak, sehingga kelak dapat melahirkan petembak-petembak terbaik di level yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Lomba yang berlangsung selama dua hari, pada Sabtu (1/9) dan Minggu (2/9) digelar di dua tempat berbeda, di Lapangan Tembak Falatehan Makodam Jaya dan Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha dengan mempertandingkan delapan kategori, yaitu menembak Pistol Eksekutif 20 meter, Pistol Presisi 25 meter Open, Tembak Reaksi, Tembak Target (putra/putri), Silhouette (putra/putri), Senapan, Sniper dan Duelling Pistol. Ratusan peserta unjuk kemampuan dalam event tahunan yang rutin digelar Kodam Jaya ini.

Berikut para juara dalam lomba tembak ini. Kategori Pistol Eksekutif (Pati), juara pertama diraih Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, juara kedua diraih Mayjen TNI Eko Margiono dan juara ketiga diraih Brigjen TNI Herianto Syahputra. Untuk undangan sipil, Andi Setiawan berhasil menjadi juara pertama, disusul Heru Budi H dan Agus Wahyono di tempat kedua dan ketiga. Di kelompok Pamen TNI/POLRI, peringkat pertama diraih Mayor Cba Adyo, peringkat kedua Mayor Inf Abraham dan Kolonel Inf Edi peringkat ketiga. Sedangkan kelompok TNI/Polri Prestasi Perorangan, Serda Ngadiman berada diurutan teratas, disusul Serda Ruslan urutan kedua dan Lettu Inf Sihombing urutan ketiga. Untuk Beregu, juara pertama diraih Kapten (Mar) Indra, Serda Sujadi dan Serda Ngadimin. Di posisi kedua diraih Serda Ruslan, Lettu Inf Sihombing dan Pratu Rio. Urutan ketiga diraih Kopda Eko, Sertu Wenas dan Serma Ma’aruf. Untuk kelompok Sipil Perorangan, Agus Wahyono berhasil meraih juara pertama, Parto di posisi kedua dan Wijaya di posisi ketiga. Di kelompok Tembak Presisi Perorangan Sipil, diraih Wijaya, Leo dan Heri sebagai juara I, II dan III.

Kategori Tembak Pistol Presisi (Perorangan Bebas), juara pertama diraih Yuda, juara kedua diraih Raja dan juara ketiga diraih Setiawan. Untuk Beregu, M. Dedy, Sujari dan Indra menempati peringkat pertama, peringkat kedua diraih Serda Ruslan, Partu Rio dan Lettu Arh Saprin, Peringkat ketiga diraih Derry, Dimas dan Edo. Untuk TNI/Polri Perorangan, juara pertama diraih Serda Ruslan, disusul Lettu Inf Toto dan Dery. Untuk Putri Perorangan Bebas diraih Ibu Wenas sebagai juara pertama, Kapten Laut Khairunisa sebagai juara kedua dan Serka (K) Puspita sebagai juara ketiga.

Kategori Tembak Pistol Reaksi (IPSC Open Perorangan), juara pertama diraih Sony Prabowo, juara kedua Bagus Yontaka dan Mayjen TNI Joni Suprianto juara ketiga. Untuk IPSC Standart Perorangan, sebagai juara pertama diraih Vicentius.D, juara kedua Sihombing dan juara ketiga Toto. Untuk IPSC Production Perorangan, Busro menjadi juara pertama, Charles juara kedua dan Steven Tan juara ketiga. Untuk IPSC Kat Ladies Perorangan, diraih Ibu Netra sebagai juara pertama, Ibu Rose juara kedua dan Ibu Indriani juara ketiga. Sedangkan untuk Tembak Pistol Reaksi (Non IPSC Perorangan), diraih Rio sebagai juara pertama, Sunarto juara kedua dan Indra Maulana juara ketiga. Tembak Pistol Reaksi (PCC Rifle Open Perorangan) diraih Vicentius di posisi pertama, Sony posisi kedua dan Asep posisi ketiga. Tembak Pistol Reaksi (PCC Rifle Standart Perorangan) diraih Charles sebagai juara pertama, Budipras juara kedua dan Busro juara ketiga.

Kategori Tembak Target Air Pistol, untuk Putra Perorangan, juara pertama Toto, kedua Kresna dan ketiga Marthin. J. Lala. Untuk Putri Perorangan diraih Ibu Chresna juara pertama, Ibu Riyanti juara kedua dan Ibu Rahmi juara ketiga. Tembak Target Air Rifle, untuk Putra Perorangan, diraih Farid juara pertama, Safii juara kedua dan David juara ketiga. Untuk Putri Perorangan, diraih Ibu Ivana RT juara pertama, Ibu Dewi juara kedua dan Ibu Kadek juara ketiga.

Kategori Untuk Tembak Silhouette (Matalic Silhouette Multi Range Perorangan) diraih Farid sebagai juara pertama, Jhon juara kedua dan Tinton juara ketiga. Tembak Silhouette (Benchrest Perorangan), diraih Irawan sebagai juara pertama, Itok juara kedua dan Yogi juara ketiga.

Kategori Senapan, untuk Presisi Open, juara pertama diraih David, disusul Edwin dan Farid. Untuk Presisi Standart Perorangan, juara pertama diraih Purnama, kedua diraih Ali Firdaus dan ketiga diraih Sueno. Tembak Senapan (Prone Tactical Kal 7,62 Perorangan), juara pertama diraih Edwin, juara kedua Dwi H dan juara ketiga Jaka Umbara. Tembak Senapan (Prone Tactical Senior Perorangan) diraih Mayjen TNI Chaidir juara pertama, Letkol Inf Muis juara ketiga dan B. Budiman juara ketiga.

Kategori Sniper (Presisi Open), juara pertama diraih Edwin, juara kedua diraih Ridho dan juara ketiga diraih Ferli. Sedangkan kategori Duelling Pistol dijuarai Lettu Inf Toto.

Hadir pada acara penutupan lomba, Kasgartaf 1/Jakarta, para Asisten, para Kabalak Kodam Jaya dan anggota Jayakarta Shooting Club.

About redaksi