Home / Berita Utama / Kodam Jaya Gelar Latihan Posko 1 Korem 052/Wijayakrama

Kodam Jaya Gelar Latihan Posko 1 Korem 052/Wijayakrama

Kodam Jaya – Tangerang. Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto membuka Latihan Posko 1 Korem 052/Wijayakrama (Wkr) Tahun 2018 di Makorem 052/Wkr, Selasa (9/10).

Latihan ini dalam rangka kesiapsiagaan satuan menghadapi kemungkinan situasi konflik yang timbul. “Ini dalam rangka kesiapsiagaaan menghadapi kemungkinan situasi yang akan timbul. Harus dilaksanakan dengan semangat, serius dan gembira sesuai manajemen latihan,” kata Kasdam Jaya.

Sementara Danrem 052/Wkr Kolonel Kav Agustinus Purboyo menambahkan, kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan prajurit dalam menanggulangi konflik sosial di wilayah kerjanya. “Jika nanti ada kondisi yang memang mengharuskan kita terlibat, prajurit sudah siap. Dengan penanganan tepat, permasalahannya akan bisa diselesaikan dengan baik,” kata Danrem 052/Wkr.

Untuk materi yang diberikan dalam pelatihan ini, Danrindam Jaya, Kolonel Inf Ketut Gede Wetan Pastia mengungkapkan, para prajurit dilatih mekanisme kerja yang benar dalam penanganan konflik. Dari tahap perencanaan, persiapan, aksi penanganan, dan pengakhiran. “Ini simulasi latihan hubungan staf dan komandan dalam rangka penanganan konflik sosial. Proses penyelesaian masalahnya, metode solving nya. Kita latihan, semua ada manajemennya,” ungkap Danrindam di tempat yang sama.

Latihan ini, lanjut Danrindam sangat diperlukan prajurit. Terutama jelang tahun politik, penyelenggaraan Pileg dan Pilres 2019 mendatang. “Walaupun kita sering mengatasi, tetap dilatih mekanismenya. Sepanjang tahun prosesnya bertahap, bertingkat dan berlanjut,” tandas Danrindam.

Latihan ini juga berisi simulasi konflik sosial seperti adanya demonstrasi di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Dalam situasi tersebut, pihak kepolisian pun meminta bantuan Korem 052/Wkr dalam penanganan demonstrasi. Di sinilah proses perencanaan, persiapan, aksi dan pengakhiran akan dilakukan mulai dari Danrem 052/Wkr, para staf hingga prajurit di lapangan.

About redaksi