Home / Berita Satuan / Kodim Jakarta Barat Laksanakan UTP Umum Teritorial dan Intelijen

Kodim Jakarta Barat Laksanakan UTP Umum Teritorial dan Intelijen

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Sebanyak 150 prajurit Kodim Jakarta Barat mengikuti Uji Terampil Perorangan (UTP) Keterampilan Teritorial dan Intelijen yang dilaksanakan di Makodim, Jalan S. Parman, Jakarta Barat, Senin (25/2).

UTP tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan, mengasah, dan mengingat kembali dasar kemiliteran guna meningkatkan profesionalisme prajurit yang dilaksanakan setiap awal tahun.

Danramil Tamansari, Mayor Inf Rohani mewakili Dandim Jakarta Barat, Letkol Kav Andre Henry Masengi menyampaikan bahwa tujuan uji terampil perorangan Kodim Jakarta Barat adalah untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap prajurit sesuai dengan kecakapan Spesialisasi Jabatan Militer (SJM).

Karena itu, Danramil menyampaikan perintah Dandim kepada para penguji agar benar-benar mendapatkan data kulitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan terhadap pengetahuan dan keterampilan umum, sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel.

UTP yang dilaksanakan meliputi UTP Umum Buku Pedoman Umum Prajurit BPUP tingkat 3 – 7 antara lain Ilmu Medan dan Kompas Navigasi Darat, Tehnik Dasar Menembak, Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, dan Binwanwil.

Menurut Danramil, bahwa UTP ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata. “UTP merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latihan Perorangan Dasar (Latorsar),” kata Danramil mewakili Dandim.

Danramil menambahkan, bahwa UTP Umum ini juga untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing prajurit sesuai dengan tugas pokoknya sebagai Babinsa yang dibebankan. “UTP ini juga untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim Jakarta Barat sesuai dengan tingkat kecakapan 3 sampai dengan tingkat kecakapan 7,” ungkap Mayor Inf Rohani.

Oleh karena itu, kata Danramil, perlu adanya kompetensi dari segenap prajurit yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di wilayahnya.

About redaksi