Home / Berita Satuan / Kodim Jakarta Pusat Berikan Bantuan Puluhan Komputer dan Alat Olahraga Kepada SMP Kartika X-1

Kodim Jakarta Pusat Berikan Bantuan Puluhan Komputer dan Alat Olahraga Kepada SMP Kartika X-1

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Kodim 0501/Jakarta Pusat Berdiri Sendiri (JP BS) memberikan bantuan 20 unit komputer dan 6 buah peralatan olahraga kepada SMP Kartika X-1 yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (8/2/19).

Sejumlah bantuan ini diberikan langsung oleh Dandim 0501/JP BS Letkol Inf Wahyu Yudhayana didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XV BS Ibu Ifit Qaltia Yudhayana kepada perwakilan guru dan siswa.

Pemberian bantuan ini, menurut Dandim sebagai bentuk dukungan atas prestasi yang diraih SMP Kartika X-1 yang berada di bawah Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0501 Cabang XVIII Jayakarta dan sekaligus untuk membantu siswa dalam mengikuti ujian nasional yang menggunakan komputer. “Ini adalah bentuk dukungan kami kepada SMP Kartika X-1 atas prestasi yang dicapai sekaligus untuk membantu saat ujian nasional yang sudah menggunakan sistem komputerisasi,” ujar Wahyu Yudhayana yang juga sebagai Pembina Utama Yayasan Kartika Jaya Kodim Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Ketua Persit KCK Cabang XV BS, Ifit Qaltia Yudhayana yang juga sebagai Ketua Yayasan memberikan materi tentang ‘Zero Sampah’ kepada siswa-siswi SMP Kartika X-1. Materi ini membahas seputar bahaya dan manfaat sampah yang masih dapat bermanfaat bagi kehidupan. “Sampah yang ada di sekeliling kita, masih dapat dimanfaatkan atau didaur ulang, butuh sedikit kreatifitas dan keuletan untuk merubah barang yang tidak berguna menjadi satu barang yang memiliki nilai pakai,” papar Ifit Qaltia.

Usai menerima penjelasan tentang sampah, para siswa kemudian diberikan materi praktek membuat pot dari botol bekas dan menanam beberapa pohon di lingkungan sekolah. Ifit Qaltia berharap, kegiatan ini dapat membangkitkan kepedulian siswa untuk mengolah sampah di sekolah. “Saya berharap dengan program zero sampah, anak-anak bisa lebih peduli pada pengolahan sampah untuk kelestarian alam,” lanjut Ifit.

Dandim 0501/Jakarta Pusat beserta Ketua Persit KCK, sebelum meninggalkan SMP Kartika X-1, sempat menyaksikan siswa-siswi melaksanakan simulasi ujian berbasis komputer di ruang laboratorium sekolah dan berfoto bersama di depan sekolah.

About redaksi