Home / Berita Satuan / Kodim Jakarta Timur Gelar Pembinaan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Aparat Teritorial

Kodim Jakarta Timur Gelar Pembinaan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Aparat Teritorial

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Dandim 0505/JT (Jakarta Timur) Letkol Inf Dwi Yanu Luthfi Saleh, memberikan pengarahan kepada Babinsa dalam kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Dan Kemampuan Teritorial di Atas Kodim, Jakarta Timur, Selasa (27/11/18).

Dandim menjelaskan, sesuai Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004, Kodim sebagai Satuan Komando Kewilayahan bertugas melaksanakan pembinaan Wilayah Pertahanan di Darat. “Kodim merupakan Komando Teritorial yang kegiatannya langsung bersinergi dengan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di wilayah. Dan sebagai Aparat Kewilayahan, Babinsa harus berbaur bersama warganya dalam menjaga lingkungan. Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial yang rutin tiap triwulan ini, harus mampu menjadikan Babinsa Kodim Jakarta Timur makin meningkat kemampuan kinerjanya, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah,” ucap Dandim.

Sementara itu, Pasiter Kodim Jakarta Timur, Kapten Inf Agi mengatakan, sebagai aparat teritorial harus selalu bersama-sama dengan masyarakat, tugas pokoknya salah satunya ikut berperan dalam mensejahterakan masyarakat di wilayah teritorialnya masing-masing. “Dengan kegiatan pembinaan kesiapan aparat teritorial ini, diharapkan para Babinsa betul-betul memperhatikan dan mengikuti setiap materi yang diberikan. Tanyakan hal-hal yang kurang jelas untuk menunjang tugas Babinsa di wilayah binaan,” jelas Pasiter.

Dalam kegiatan ini, 176 Babinsa mendapatkan materi Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Teknik Pembianaan Jaring Intelijen, Proxy War, Media Sosial dan Hoax Pengumpul Keterangan, Pemberantasan Narkoba, Komunikasi Massa dan Netralitas TNI.

About redaksi