Home / Berita Satuan / Koramil Pasar Rebo Ajak Generasi Muda Peduli Ancaman Terhadap Pancasila

Koramil Pasar Rebo Ajak Generasi Muda Peduli Ancaman Terhadap Pancasila

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Koramil 03/Pasar Rebo Kodim 0505/Jakarta Timur memberikan wawasan kebangsaan kepada 300 siswa-siswi SDTI (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Al Kahfi di Jalan Muhayang No.39 C, RT.11 RW.1, Rambutan, Ciracas, Kota Jakarta Timur, Jumat (31/8).

“Wawasan kebangsaan harus diberikan sedini mungkin kepada anak-anak usia sekolah. Sebagai generasi penerus bangsa kalian harus memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, sehingga mampu menghadapi tantangan apapun yang ingin merongrong Pancasila,” papar Danramil 03/Pasar Rebo Mayor Chb Purwanto.

Sarjana Psikologi ini juga memaparkan 10 fenomena kehancuran bangsa. Kesepuluh fenomena tersebut menurut Danramil meliputi, meningkatnya kekerasan di kalangan remaja, berkembangnya budaya ketidakjujuran, adanya sikap fanatik berlebihan terhadap kelompok, rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, makin kaburnya moral antara  baim dan buruk, penggunaan bahasa yang tidak pada tempatnya, meningkatnya perilaku merusak diri seperti penggunaan narkoba, alkohol dan seks bebas, rendahnya rasa tanggung jawab sebagai pribadi dan warga negara, menurunnya etos kerja, saling curiga dan kurang kepedulian kepada sesama.

Dalam kegiatan tersebut Danramil mengajak siswa dan siswi yang hadir untuk introspeksi diri dan menumbuhkan kepedulian terhadap perkembangan kondisi bangsa dan negara saat ini.  “Sebagai generasi penerus, apakah kalian hanya akan berdiam diri melihat tanda-tanda yang dapat menghancurkan bangsa?,” tanya Danramil.

“Tidak, kami peduli,” jawab siswa dan siswi secara serentak diiringi tepuk tangan Seluruh peserta yang hadir. Bahkan beberapa siswa menambahkan bahwa mereka berjanji akan berbakti dan mengabdi kepada Indonesia tercinta.

Selain paparan Wasbang dalam kegiatan ini siswa-siswi juga diberikan praktek cara memberikan pertolongan terhadap korban kebakaran dan outbound wawasan kebangsaan dengan menggunakan tali dan bola. Siswa-siswi sangat antusias melakukan kegiatan yang membutuhkan kekompakan ini.
 
Usai kegiatan, Kepala Sekolah SDIT Al Kahfi memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih serta berharap kegiatan serupa dapat berlanjut secara rutin.

About redaksi