Home / Berita Satuan / Latihan Menembak Merupakan Kebutuhan Yang Hakiki Bagi Prajurit Kodam Jaya

Latihan Menembak Merupakan Kebutuhan Yang Hakiki Bagi Prajurit Kodam Jaya

Kodam Jaya – Condet. Kabagum Rindam Jaya Letnan Kolonel Inf Sumarman mewakili Komandan Rindam Jaya membuka Penataran Pelatih Menembak Tersebar Jajaran Kodam Jaya TA. 2018 di Mako Rindam Jaya Jalan Raya Condet No. 55 Jakarta Timur, Selasa (9/10).

Penataran Pelatih Menembak Tersebar yang diikuti 40 prajurit ini berlangsung selama 2 minggu dan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit jajaran Kodam Jaya dalam melaksanakan pertempuran, dihadapkan kemungkinan perkembangan ancaman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok.

Letnan Kolonel Inf Sumarman saat membuka penataran mengatakan bahwa keberhasilan pelaksanaan tugas TNI AD tidak semata ditentukan oleh tersedianya alat peralatan pertempuran modern, akan tetapi juga ditentukan oleh militansi dan kemampuan profesionalisme prajurit baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan, sebagai sumber kekuatan utama dalam menjaga kedaulatan NKRI.

‚ÄúSelain kemampuan penguasaan terhadap Alutsista modern, maka kemampuan bertempur prajurit harus senantiasa tetap dipelihara dan ditingkatkan. Disiplin dan kemampuan tempur prajurit harus terus diasah dan ditingkatkan, melalui latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, serta disesuaikan dengan perkembangan jaman,”jelas Letkol Inf Sumarman.

Menurutnya, dalam penataran ini ajarkan materi Cara Memberikan Instruksi (CMI), Teknik Penyelenggaraan Latihan (Nikgarlat), pelajaran teori teknik dan pengetahuan umum menembak, menembak senapan dan karaben, menembak pistol serta latihan jasmani. “Output yang diharapkan adalah terwujudnya kader pelatih menembak dan penyamaan persepsi teknik kepelatihan menembak satuan jajaran Kodam Jaya,” sambungnya.

Pembukaan penataran ini dihadiri oleh para Kabag Rindam Jaya, para Kasi dan Pasi Staf Latihan Rindam Jaya serta para pelatih menembak yang sudah mengikuti kepelatihan terpusat di Bandung Jawa Barat.

About redaksi