Home / Berita Satuan / Modal Bahasa Isyarat, 3 Anggota Pramuka Keliling Indonesia dan Singgah di Koramil Pondok Aren

Modal Bahasa Isyarat, 3 Anggota Pramuka Keliling Indonesia dan Singgah di Koramil Pondok Aren

Kodam Jaya – Tangerang Selatan. Tiga orang anggota Pramuka Luar Biasa (Tuna Rungu) singgah di Koramil Pondok Aren Kodim Tangerang, Rabu (27/2/19).

Ketiganya bernama Umar Iskandar (54) asal Palembang, Endang Marlina (47) asal Yogyakarta dan Eti Rohaeti (46) asal Kuningan Jawa Barat. Karena kecintaan terhadap Pramuka, ketiganya kemudian bersatu dan melakukan perjalanan keliling Indonesia. Kekurangan yang dimiliknya tidak jadi penghalang bagi mereka untuk menjaga semangat cinta tanah air dan persatuan.

Tiba di Koramil Pondok Aren, ketiganya diterima langsung oleh Danramil, Kapten Inf Agus Fachrudin. Meski menggunakan bahasa isyarat, komunikasi anggota Pramuka luar biasa dengan Danramil ini berjalan dengan lancar. Dengan sabar, Danramil mampu untuk memahami apa yang disampaikan ketiganya. “Ketiganya datang untuk bersilaturahmi dan meminta dukungan moril. Mereka sedang perjalanan mengelilingi daerah dan kali ini bertepatan berada di wilayah Pondok Aren dan berkunjung ke Koramil,” kata Danramil.

Agus menambahkan, TNI akan terus mengayomi dan mendorong orang seperti mereka agar tetap eksis dan semangat dalam berkarya, sehingga menjadi pembelajaran yang sangat positif, terutama kepada para generasi muda yang tidak memiliki kekurangan fisik seperti mereka. “TNI selalu dekat dengan rakyat dan kita tidak melihat dari fisik atau kekurangannya. Semangat ketiganya, patut kita apresiasi dan dukung. Tentu menjadi pembelajaran dan motivasi bagi anggota Pramuka lain termasuk Saka Wira Kartika,”ujar Danramil.

Kepada danramil, ketiga anggota Pramuka tuna rungu ini memperlihatkan beberapa bukti dokumentasi dan keterangan dari beberapa kantor dan instansi yang sudah dikunjungi. Mereka juga menunjukkan surat keterangan tempat yang mereka singgahi. “Foto dokumentasi yang mereka perlihatkan, tersusun rapi dalam bentuk album,” lanjut Danramil.

Ketiganya pun berfoto bersama dengan Kapten Inf Agus Fachrudin di ruang kerja Danramil dan Gerbang Koramil Pondok Aren. “Semoga mereka dapat menyelesaikan perjalanannya dengan lancar dan aman serta tetap bersemangat membawa nama baik Pramuka di seluruh tanah air Indoensia,” pungkas Danramil.

About redaksi