Home / Berita Utama / Pangdam Jaya Pimpin Sertijab Dandim Jakarta Pusat

Pangdam Jaya Pimpin Sertijab Dandim Jakarta Pusat

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Jabatan Dandim 0501/Jakarta Pusat (JP) diserahterimakan dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Tradisi Korps di Aula Makodim 0501/JP, Jalan Selaparang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/18).

Pejabat lama Dandim 0501/JP, Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha akan menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Edwin, akan digantikan oleh Dandim yang baru Letkol Inf Wahyu Yudhayana yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Group D Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Upacara Sertijab ini dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto. Menurut Pangdam, pergantian ini merupakan hal yang biasa dan memberikan warna baru dalam menjalankan tugas. “Rotasi yang dilakukan adalah hal yang biasa demi kepentingan organisasi. Pergantian ini memberikan warna baru,” kata Pangdam.

Kepada pejabat baru Pangdam mengatakan, Kodim Jakarta Pusat merupakan Kodim yang mempunyai kekhususan karena sebagai Kodim Berdiri Sendiri (BS). “Kodim ini, Komando dan pengendaliannya langsung di bawah Pangdam Jaya,” ujar Pangdam.

Menurutnya, Kodim Jakarta Pusat memiliki wilayah yang menjadi pusat pemerintahan negara dan terdapat lembaga tertinggi maupun tinggi negara, serta kedudukan perwakilan negara-negara sahabat. “Ini tentunya mengandung potensi kerawanan yang sangat besar. Perlu pengawasan khusus,” tegas Pangdam.

Untuk itu, kata Pangdam, kepada Dandim yang baru, harus senantiasa meningkatkan kemampuan prajuritnya dalam kemampuan temu cepat dan lapor cepat, agar mampu mendeteksi dini perkembangan situasi di wilayah.

“Kepada Kolonel Edwin, selamat bertugas di tempat yang baru. Semoga di tempat yang baru dapat lebih sukses meniti karier,” pungkasnya.

About redaksi