Home / Berita Utama / Pangdam Jaya Pimpin Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta

Pangdam Jaya Pimpin Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta

Kodam Jaya – Jatinegara. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto memimpin ziarah rombongan keluarga besar Kodam Jaya ke Makam Pangeran Jayakarta, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Jum’at (21/12/18).

Ziarah ini merupakan tradisi rutin tahunan yang dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam Jaya yang jatuh pada tanggal 24 Desember. Tahun ini, Kodam Jaya genap berusia 69 tahun pengabdiannya kepada negara dan bangsa Indonesia.

Disamping itu, ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta ini adalah suatu bentuk penghormatan untuk mengenang jasa para pahlawan, khususnya pahlawan Pangeran Jayakarta yang telah memperjuangkan Kota Jakarta.

Dalam sejarahnya, Pangeran Jayakarta adalah nama lain dari Pangeran Achmad Jakerta, putra Pangeran Sungerasa Jayawikarta dari Kesultanan Banten. Namun ada juga yang menganggap Pangeran Jayakarta adalah Pangeran Jayawikarta. Menurut Hikayat Hasanuddin dan Sajarah Banten Rante-Rante yang disusun pada abad ke-17 (yaitu sesudah Sajarah Banten, 1662/3), Pangeran Jayakarta atau Jayawikarta adalah putra Tubagus Angke dan Ratu Pembayun, puteri Hasanuddin, anak Sunan Gunung Jati. Pangeran Jayakarta menjabat sebagai wakil dari Kesultanan Banten. Kekuasaan Banten atas wilayah ini berhasil direbut oleh Belanda, setelah Pangeran Jayakarta dikalahkan oleh pasukan VOC dibawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen pada tanggal 30 Mei 1619.

Saat tiba di area makam, Pangdam Jaya disambut Kabintaldam Jaya Kolonel Inf Sarwoyadi, kemudian menerima laporan dari panitia, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sebagai penghormatan kepada arwah pahlawan. Ziarah ke makam Pangeran Jayakarta ini ditandai dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga oleh Pangdam Jaya dan Ketua Persit KCK PD Jaya disertai pejabat teras Kodam Jaya.

Rangkaian ziarah diakhiri dengan pemberian bantuan kepada Masjid Asafiyah dan anak yatim piatu dari keluarga besar Kodam Jaya yang diberikan secara simbolis oleh Pangdam Jaya.

About redaksi