Home / Berita Utama / Peringatan HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 Di Wilayah Kodam Jaya

Peringatan HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 Di Wilayah Kodam Jaya

Kodam Jaya – Tangerang. Peringatan HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai wujud dan komitmen TNI untuk melestarikan tradisi juang bangsa dan mengevaluasi tugas-tugas yang dilaksanakan selama satu tahun. Selain itu sebagai pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat dan momentum bagi TNI untuk mengekpresikan kedekatan TNI dengan rakyat.

Tema Peringatan HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 adalah “PROFESIONALISME TNI UNTUK RAKYAT”, dengan tujuan terwujudnya TNI yang disegani dan handal sesuai jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional serta semakin dipercaya dan dicintai oleh rakyat.

Kegiatan Peringatan HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 di wilayah Kodam Jaya dilaksanakan secara sederhana yang memiliki makna bahwa prajurit TNI turut merasakan kesedihan dan bersimpati akibat musibah yang dialami masyarakat yang tertimpa bencana alam gempa yang terjadi di Lombok, dan bencana gempa bumi disertai tsunami di Palu, Donggala dan Sigi. Sekaligus mengajak para peserta upacara menundukkan kepala seraya berdoa agar wilayah yang terkena dampak bencana dapat kembali normal seperti sedia kala.

Upacara dipimpin Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M. sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan diikuti sebanyak 745 prajurit dan PNS dari perwakilan TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Kodam Jaya mengerahkan 1 Pleton Satuan Tempur dari Brigif Mekanis 1 PIK/JS, 1 Kompi Satuan Polisi Militer, 1 Kompi Gabungan Balakdam, 1 Kompi Kowad, 2 Kompi PNS Putra/Putri Gabungan Balakdam dan 1 Kompi Gabungan FKPPI-PMM. Selain itu juga ada persembahan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan oleh paduan suara dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta sebanyak 60 orang.

Pasukan Upacara tersusun dalam 12 SSK (Satuan Setingkat Kompi) yang akan melakukan defile dimulai dari kelompok lambang-lambang kesatuan Kodam Jaya. Selain itu, juga akan ditampilkan demonstrasi oleh Prajurit Brigif Mekanis 1 PIK/JS yang memperagakan PJD (Pertempuran Jarak Dekat), Bela Diri Militer Youngmoodo, Kolone Senapan dan Taikam bersama Babinsa dan Kepolisian melakukan pembubaran terhadap geng motor yang meresahkan masyarakat saat ini, dilanjutkan dengan persembahan tarian daerah kolosal yang diperagakan Prajurit Rindam Jaya dengan menampilkan Tari Ratu Jaroh/Saman, Tari Kecak dan Tari Perang Dayak.

Perayaan HUT ke-73 TNI di Wilayah Kodam Jaya akan ditutup dengan acara syukuran di tempat yang sama. Para pejabat/undangan yang hadir dalam perayaan ini diantaranya Pangdivif 1/Kostrad, Danjen Kopassus, Kasgartap I/Jakarta, Dansat Bravo-90 TNI AU, Pangkoarmada 1, Kapolda Metro Jaya, Kapolda dan Gubernur Banten, Gubernur DKI Jakarta, Rektor UKI, Walikota Tangerang, Walikota Tangerang Selatan, Bupati Tangerang, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kapolres Tangerang Selatan, Kapolresta Tangerang, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan pimpinan organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Selain upacara parade dan defile, seluruh satuan jajaran Kodam Jaya juga telah melaksanakan beberapa kegiatan pendahuluan sebagai rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-73 TNI, seperti kegiatan seni budaya, bhakti sosial,olahraga, dan ziarah ke taman makam pahlawan.

About redaksi