Home / Berita Satuan / 404 Pemuda Bersaing Ketat Dalam Sidang Parade Catar Akmil di Kodam Jaya

404 Pemuda Bersaing Ketat Dalam Sidang Parade Catar Akmil di Kodam Jaya

Kodam Jaya – Cililitan. Sebanyak 404 pemuda lulusan SMA mengikuti Sidang Parade Catar (Calon Taruna) Akmil (Akademi Militer) TA 2019 yang dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono di Aula Sudirman, Kodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (8/4).

Dari data yang tercatat di Panitia, lebih dari 700 pemuda turut mendaftarkan diri dalam seleksi penerimaan Catar Akmil TA 2019 di Panda (Panitia Daerah) Jaya (Kodam Jaya). Setelah mengikuti rangkaian seleksi awal seperti administrasi, kesehatan dan jasmani, dari jumlah tersebut kemudian menyisakan 404 Catar yang hari ini mengikuti Sidang Parade.

Dalam Sidang Parade ini, terpilih 132 Catar untuk mengikuti seleksi selanjutnya yang dipusatkan di Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur. Di sana, para Catar ini ditampung jadi satu untuk memudahkan proses seleksi selanjutnya. “132 Catar yang lulus hari ini, akan mengikuti seleksi Panda Jaya selanjutnya di Rindam Jaya, mereka bersaing ketat, agar bisa lulus ke seleksi tingkat pusat. Ditargetkan Kodam Jaya bisa mengirimkan 44 Catar ke tingkat pusat,” kata Pangdam Jaya.

Dijelaskan juga oleh Pangdam, 44 Catar yang nanti akan dikirim Kodam Jaya ke seleksi tingkat pusat, akan bersaing dengan para Catar dari seluruh wilayah Indonesia. “Sehingga diharapkan, Catar dari Kodam Jaya yang masuk dalam Chandradimuka di Akmil tidak kurang dari 22 Catar, dengan rincian 21 dari jurusan IPA dan 1 dari Jurusan IPS,” jelasnya.

Pangdam juga menjelaskan, proses seleksi yang begitu panjang ini merupakan upaya mendapatkan calon-calon terbaik untuk melahirkan Perwira TNI AD yang handal di masa depan. “Jumlah 22 orang yang terpilih dan akan mengikuti pendidikan di Akmil Magelang nantinya, itu merupakan Catar terbaik yang telah melewati seleksi ketat, transparan dan panjang,” tutup Pangdam.

Tampak hadir mendampingi Pangdam Jaya dalam Sidang Parade ini, diantaranya Irdam, Asops, Kaajendam, Kajasdam, Kakesdam, Karumkit TK. II RS Ridwan Meureksa, Waaspers dan Waasintel.

About redaksi