Home / Berita Satuan / Anggota Koramil Kebayoran Baru Latih Pramuka Atasi Kebakaran

Anggota Koramil Kebayoran Baru Latih Pramuka Atasi Kebakaran

Kodam Jaya – Jakarta Selatan. Bati Tuud Koramil 05/Keb. Baru Kodim 0504/Jakarta Selatan Peltu Idham Cholid yang juga Pembina Gerakan Pramuka, memberikan latihan simulasi penanggulangan kebakaran kepada anggota Pramuka Tingkat Penggalang SDN 15 Cipete Utara, Jakarta Selatan. Kegiatan yang dilakukan oleh Peltu Idham Cholid adalah sebagai upaya menindak lanjuti program komando atas tentang prosedur tetap (Protap) penanggulangan kebakaran. Rabu (7/3/18).

Menurut Peltu Idham Cholid, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan gambaran sekaligus petunjuk yang sebenarnya mengenai cara mengatasi dan menangani musibah kebakaran, sehingga terhindar dari kesalahan prosedur penanganan dan kerugian yang lebih besar. Di hadapan para anggota pramuka, tampak Idham Cholid tengah mencontohkan cara mengatasi kebakaran yang belum membesar.

“Penggunaan peralatan yang ceroboh, sering menimbulkan bahaya kebakaran. Saat api masih kecil, maka kita jangan panik, kemudian kita ambil karung goni basah yang telah kita siapkan dalam ember berisi air. Lalu kita tutupkan ke sumber api tersebut, tunggu beberapa menit, apabila api tidak menjalar atau membesar maka karung basah tadi bisa kita angkat kembali,“ jelasnya.

Idham Cholid juga menghimbau perlunya pengawasan terhadap segala potensi-potensi timbulnya kebakaran. “Kita harus sama-sama saling mengingatkan dan menyediakan sarana pemadam kebakaran aktif maupun pasif di sekitar kita terutama di tempat yang berpotensi tinggi terjadi kebakaran, sehingga pencegahan secara dini dapat dilakukan,” sambungnya.

Para anggota Pramuka yang mengikuti latihan simulasi terlihat antusias, mereka bergantian mencoba mempraktekan cara mengatasi kebakaran api yang masih kecil. Mereka juga mendapatkan keterampilan penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR).

Check Also

Optimalkan Putus Rantai Penularan Covid-19 Keluarga Besar TNI Jakarta Pusat Perkuat Tim Patroli Tiga Pilar

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. FKPPI (forum komunikasi putra putri purnawirawan Indonesia), PPM (Pemuda Panca …