Home / Berita Satuan / Antisapasi Banjir, Tiga Pilar Desa Bojong Nangka Bersama Warga Bersihkan Saluran Air

Antisapasi Banjir, Tiga Pilar Desa Bojong Nangka Bersama Warga Bersihkan Saluran Air

Kodam Jaya – Curug. Babinsa Kelurahan Bojong Nangka Koramil 02/Curug Kodim 0510/Tigaraksa Serma Asy Muranto, Lurah dan Bhabinkamtibmas bersama warga melakukan karya bakti normalisasi/pembersihan saluran air di sisi Jl. Raya Perumahan Dasana Indah, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang, Minggu (22/4/18).

Tiga Pilar bersama warga Bojong Nangka dengan menggunakan sebuah alat berat beco mini dan satu unit truk sampah tampak bersemangat membersihkan sampah yang memenuhi saluran air di kanan dan kiri jalan perumahan tersebut. Sebagian warga ada yang membersihkan sampah dengan cara manual dan peralatan sederhana. Bahkan ada juga warga yang menyediakan makanan dan minuman untuk warga kerja bakti.

Menurut  Serma Asy Muranto, kondisi saluran air di sisi jalan perumahan tersebut memang banyak dipenuhi sampah dan rumput liar, sehingga tersumbat. “Bila hujan turun air meluap dan membanjiri jalan dan perumahan warga sekitar, tersumbatnya saluran air sering menyebabkan banjir di jalan raya dan perumahan di sekitar jalan,” jelas Babinsa.

Saat ditanya penyebab penyumbatan tersebut, tanpa ragu Serma Asy Muranto menjelaskan bahwa kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya masih kurang, sehingga banyak yang membuang sampah di saluran air.

Selain Tiga Pilar Bojong Nangka, normalisasi saluran air ini juga diikuti oleh Ikatan Penulis dan Jurnalistik Indonesia wilayah Kab. Tangerang yang peduli dengan kondisi lingkungan.

Lurah Bojong Nangka juga turut menghimbau warga agar tidak membuang sampah sembarangan khususnya di saluran air. “Warga jangan membuang sampah lagi ke saluran air, karena dapat menyebabkan banjir akibat tersumbatnya saluran air, pasti yang rugi warga sendiri,” katanya.

Check Also

Tekan Penyebaran Covid-19 Babinsa Bojong Menteng Bersama 3 Pilar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Penyemprotan Desinfektan Perum Bumi Bekasi Baru lingkungan RW 009 dilakukan …