Home / Berita Satuan / Antisipasi Bencana Banjir, TNI Pantau Ketinggian Air Hingga Dirikan Posko Kesehatan

Antisipasi Bencana Banjir, TNI Pantau Ketinggian Air Hingga Dirikan Posko Kesehatan

Kodam Jaya-Jakarta. Pasca hujan lebat yang terjadi di wilayah Jakarta dan Bogor, ketinggian air di Pintu Air Manggarai Jakarta Pusat tidak luput dari perhatian Babinsa Koramil Menteng Pelda Toto.

“Secara signifikan debit air di Pintu Air Manggarai meningkat hingga status siaga 1, kami memantau secara seksama mulai kemarin siang, syukurlah posisi sekarang sudah beranjak turun ke status siaga 2,” jelas Pelda Toto, Selasa (6/2/18).

Selain Pintu Air Manggarai, Pintu Air Petamburan Tanah Abang, Pintu Air Sawah Besar, Pintu Air Istiqlal dan Pintu Air Dwi Warna Kartini tak luput dari perhatian dan pengecekan aparat TNI. “Setiap pintu air selalu dipantau oleh para Babinsa dan dilaporkan kesatuan atas untuk menjadi data awal untuk menentukan kebijakan saat terjadi bencana,” jelas Toto.

Pelda Toto menjelaskan, apa yang dilakukannya sesuai perintah Dandim 0501/JP BS Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha agar jajaran Koramil meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir yang mungkin mengancam.

Secara terpisah, Dandim 0501/JP BS menjelaskan, selain pemantauan tinggi air, pihaknya juga menyiagakan perahu LCR beserta perlengkapan dan personelnya yang siap dikerahkan sewaktu-waktu, termasuk posko kesehatan dan dapur umum serta dukungan logistik disiapkan dengan menggandeng unsur pemerintahan daerah hingga tingkat Kelurahan.

Check Also

Muspika dan Koramil 07/Cipayung Gelar OPS Yustisi

Kodam Jaya – Jakarta timur. Pelaksanaan Operasi Yustisi PSBB dalam rangka Penerapan Penegakan hukum Disiplin …