Home / Berita Satuan / Arahkan Remaja Hidup Positif, Kodim Jakarta Pusat Latih Saka Wira Kartika Baru Di Sanggar Nasional Cibubur

Arahkan Remaja Hidup Positif, Kodim Jakarta Pusat Latih Saka Wira Kartika Baru Di Sanggar Nasional Cibubur

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Jakarta Pusat, Kapten Kav Dwi Joko Purnomo memimpin upacara Pembukaan Latihan Anggota Baru Saka Wira Kartika (SWK) di Sanggar Saka Wira Kartika Nasional, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (28/4/19).

Pasiter yang bertindak mewakili Dandim Jakarta Pusat, menuturkan kegiatan latihan Saka Wira Kartika ini merupakan program periodik yang dilakukan secara bertahap untuk membina generasi muda di Jakarta Pusat. Menurutnya, programi ini sebagai jemput bola untuk mengarahkan hidup remaja lebih positif. “Program jemput bola ke tiap sekolah akan terus kami lakukan agar minat siswa-siswi dalam kepramukaan terwadahi, ini adalah pembelajaran yang positif untuk menambah keterampilan hidup mereka” ujarnya.

Sebanyak 40 siswa-siswi dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Gambir dan SMKN 39 Cempaka Putih mengikuti latihan ini. Selain diikuti anggota baru, latihan ini juga diikuti anggota Saka Wira Kartika Jakarta Pusat yang sudah rutin mengikuti latihan serupa.

Anggota Saka Wira Kartika ini menerima pembekalan seperti krida navigasi darat dengan materi pengenalan kompas, krida pionering dengan materi cara mendirikan tenda dan tiang bendera, krida survival yang langsung dipraktekan dengan mencari beberapa tumbuhan yang bisa dikonsumsi di sekitar lingkungan dan cara memasaknya.

Selain pembekalan krida tersebut, anggota Saka Wira Kartika juga dibekali latihan baris-berbaris untuk menanamkan rasa kebersamaan dan kekompakan serta melatih kedispilan mereka. Latihan baris-berbaris ini dilatihkan oleh Kak Muchtar dan Kak Anita.

About redaksi