Home / Berita Satuan / Babinsa Kodim Jakarta Utara Jadi Kader Penyuluh Anti Narkoba

Babinsa Kodim Jakarta Utara Jadi Kader Penyuluh Anti Narkoba

Kodam Jaya – Jakarta Utara.  Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara memberikan pelatihan dan pembekalan tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada Babinsa Kodim Jakarta Utara di Hotel Sunlake Danau Sunter Jakarta Utara, Kamis, (28/3/19).

Program P4GN ini penting diberikan kepada para Babinsa yang berada di beberapa wilayah atau daerah yang rawan penyalahgunaan narkoba di wilayah Jakarta Utara, karena Babinsa dalam tugasnya berhadapan langsung dengan masyarakat. Dari data yang dimiliki BNNK Jakarta Utara, terdapat 30 titik lebih daerah atau lokasi yang memiliki kerawanan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba, yang tersebar di 17 Kelurahan di Jakarta Utara. Wilayah-wilayah inilah yg menjadi konsentrasi untuk dilakukan pemberantasaan, pembinaan dan penyuluhan peredaran serta penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan pembinaan ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Dandim Jakarta Utara Letkol Arm Arif Rahman S.Sos, Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Yogen dan Kepala BNNK Jakarta Utara AKBP Yuanita Amelia Sari.

Kepala BNNK Jakarta Utara AKBP Yuanita menerangkan bahwa narkoba adalah musuh bersama yang harus dilawan untuk menyelamatkan anak cucu di masa yang akan datang. “Banyak juga kasus dari lingkungan TNI, POLRI, ASN terkena penyalah gunaan narkoba,” ujar AKBP Yuanita.

Sementara itu, menanggapi masalah penyalahgunaan narkoba dalam lingkungan TNI, Dandim Jakarta Utara Letkol Arm Arif Rahman S.Sos., menjelaskan bahwa setiap triwulan anggota Kodim dilakukan pengecekan urin dan akan dihukum dengan sangsi sesuai aturan yang berlaku jika kedapatan positif narkoba. “Sesuai program, kita rutin melakukan pemeriksaan, bila ada yang positif narkoba, yang langsung kita lakukan pemeriksaan,” jelas Dandim.

Dalam kesempatan yang sama, Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Yogen memberikan arahannya bahwa penyalahgunaan narkoba harus dibenahi dari lingkungan sendiri. “TNI POLRI baik maka masyarakat pasti baik dan sinergitas TNI POLRI harus di jaga, karena ini bukan hanya tugas dari TNI POLRI melainkan tugas kita semua,” ajaknya.

Dalam kegiatan pelatihan kali ini, anggota Babinsa juga mendapatkan pelatihan pembekalan public speaking dari Hadi Wijaya dan Tantowi Yahya public speaking school yang bertujuan agar Babinsa bisa lebih baik lagi dalam memberikan penjelasan dan arahan kepada masyarakat di wilayah.

Dari pelatihan P4GN ini, para Babinsa diharapkan dapat menjadi kader-kader atau penggiat-penggiat anti narkoba di lingkungannya bertugas sekaligus menjadi benteng di tengah-tengah masyarakat untuk memberantas peredaran dan juga sebagai penyuluh-penyuluh yang handal untuk memberikan pengertian dan informasi terhadap bahaya dari penyalahgunaan narkoba.

 

Check Also

Personil Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Bintal Tingkatkan Mental Rohani Ideoligi Dan Kejuangan

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Ceramah pembinaan Mental guna meningkatkan Mental Rohani, …