Home / Berita Satuan / Bela Negara Tak Harus Dengan Angkat Senjata

Bela Negara Tak Harus Dengan Angkat Senjata

Kodam Jaya – Sekitar seratus siswa SMK Broadcast Mahardika Depok tampak antusias mendengarkan paparan langsung tentang wawasan kebangsaan (wasbang) dari Komandan Koramil 02/Beji, Kapten Kav Syahroni, Jumat (2/3/2018).

Mereka yang duduk lesehan dan kelihatan santai namun serius saat Kapten Kav Syahroni menuturkan bahwa bela negara sebagai bentuk cinta tanah air ternyata tidak harus dilakukan dengan mengangkat senjata.

Bentuk cinta tanah air dapat diaplikasikan dengan meraih prestasi terbaik di sekolah dan menjauhi narkoba serta tawuran.

“Wawasan kebangsaan seperti ini yang harus dipahami para siswa atau pelajar. Jadi bela negara bisa dilakukan sesuai profesinya masing-masing dan tidak harus dengan mengangkat senjata,” kata Syahroni di depan para siswa saat memberikan materi wawasan kebangsaan di aula SMK Broadcast Mahardika di Jalan KH Usman, Kukusan, Beji, Depok, Jumat.

Syahroni berharap para siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Sekolah merupakan tempat utama dan mendasar untuk menangkal paham yang bertentangan dengan Pancasila,” katanya.

Menurut Syahroni keberagaman dan kebhinekaan di Indonesia adalah khasanah kekayaan budaya bangsa yang harus tetap dilestarikan demi NKRI.

“Sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa, jangan sampai terjerumus kedalam Narkoba dan tawuran,” katanya.

Ia berpesan agar siswa meraih prestasi sesuai cita-cita agar dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua, lingkungan dan bangsa

Kepala SMK Broadcast Mahardika Iriyani, mengatakan pemberian bekal dan materi wawasan kebangsaan dari Danramil Beji ke para siswa ini cukup penting dan makin membuat siswa sadar untuk menjauhi segala kenakalan remaja.

“Jadi siswa bisa tahu dan pahan bahwa bela negara sebagai cinta tanah air bisa diaplikasikan dengan belajar dan meraih prestasi serta menjauhi kenakalan remaja,” katanya.

Check Also

Kolaborasi Dengan Satpol PP Kodim 0502/JU Gelar Woro-woro Dan Bagikan Masker Kepada Warga

Kodam Jaya – Jakarta utara. PSBB ketat yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta sudah memasuki hari …