Home / Berita Satuan / Bersama Warga, Koramil Bojonggede Bersihkan Sampah di Kali Baru

Bersama Warga, Koramil Bojonggede Bersihkan Sampah di Kali Baru

Kodam Jaya – Bojonggede. Kerja sama Prajurit TNI dari Koramil Bojonggede Kodim Depok dan masyarakat layak diacungi jempol. Pasalnya, mereka berjibaku membersihkan Kali Baru di Bojonggede, Bogor, untuk mengantisipasi banjir. 

Sedikitnya 60 anggota Koramil dan warga bahu membahu membersihkan sampah yang tersangkut di Kali Baru tepatnya di sekitar jembatan pertigaan Bambu Kuning, Bojong Baru, Bojonggede, Jawa Barat, Minggu (28/4/19).

Mereka saling berbagi tugas, ada yang di bantaran kali, ada juga yang terjun ke kali berdiri di atas tumpukan sampah. Kemudian sampah-sampah yang telah dibersihkan itu diangkut dengan menggunakan Beko milik Pemkab Bogor.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Bojonggede, Kapten Chk Edy Sugiharto mengatakan, 40 anggota Koramil dikerahkan dalam kegiatan bersih-bersih kali untuk membantu Dinas PUPR Kabupaten Bogor. “Ada 40 anggota Koramil yang kami kerahkan pada karya bakti pembersihan Kali Baru,” kata Kapten Chk Edy Sugiharto di lokasi.

Menurutnya, kegiatan pembersihan sampah dilakukan untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi saat debit air di Kali Baru meningkat. “Pembersihan ini, selain untuk membantu pekerjaan Dinas PUPR Kabupaten Bogor, juga merupakan salah satu program unggulan Koramil Bojonggede,” ujar Danramil.

Dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali dan bantarannya. Sebab, kata dia, penyebab utama banjir di wilayah tersebut berasal dari perilaku warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya. “Saya berharap, setelah dibersihkan, tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan. Ubahlah perilaku untuk tidak membuang sampah di kali,” pungkasnya.

Sementara itu, Seketaris Camat (Sekcam) Kecamatan Bojonggede Zul Fahmi meminta warga bantaran kali tetap membantu menjaga dan merawat Kali Baru. Menurutnya, dengan menjaga lingkungan tetap bersih bisa menghindarkan banjir yang selama ini terjadi. “Minimal warga tidak membuang sampah sembarangan di Kali Baru,” singkatnya.

About redaksi